Scroll to Top

Persib Minta Sportivitas Bobotoh

By Aditya / Published on Sunday, 21 Apr 2013

sergio van dijk persib bobotoh

Persib Bandung melalui sang pelatih, Jajang Nurjaman, meminta kepada semua pendukung Persib alias Bobotoh mendukung tim kesayangannya itu dengan cara-cara yang menjunjung tinggi sportivitas. Jajang Nurjaman berharap, Viking dan para Bobotoh lainnya tidak melakukan tindakan yang justru bisa merugikan Persib di setiap pertandingan, terutama pada laga kandang.

“Berilah dukungan kepada kami dengan sportif sehingga tidak ada yang mengganggu kemenangan Persib,” himbau Jajang Nurjaman di Bandung belum lama ini.

Kelakuan tidak pantas yang dilakukan oleh suporter seringkali justru berpotensi merugikan tim karena akan mendapat sanksi dari pihak yang berwenang, baik dari PSSI, aparat keamanan, maupun pemerintah daerah setempat. Tak hanya hukuman denda, klub yang pendukungnya memicu kerusuhan bisa disanksi bertanding tanpa penonton, bahkan tidak kemungkinan juga bisa dijatuhi hukuman pengurangan poin, skorsing, atau sanksi berat lainnya.

Jajang Nurjaman mengkhawatirkan ulah penonton saat Persib bertemu dengan Arema Indonesia di kompetisi Indonesia Super League (ISL). Pasalnya, antara Viking (pendukung Persib) dengan Aremania dikenal tidak akur. Apalagi Aremania cenderung dekat dengan Jakmania, pendukungn Persija Jakarta, yang selama ini kerap berseteru dengan Bobotoh.

Perseteruan antara Bobotoh dengan Jakmania bahkan beberapa kali telah memakan korban luka-luka maupun meninggal dunia. Sejumlah upaya mediasi yang telah dilakukan untuk mendamaikan kedua kelompok suporter besar di Indonesia itu hingga kini belum menunjukkan kemajuan yang signifikan.

Namun demikian, diharapkan semua pihak bisa menahan diri dan berkomitmen untuk menjaga keamanan dan kenyamanan sepakbola nasional, tak terkecuali Bobotoh, Jakmania, Aremania, Bonekmania, dan seluruh kelompok suporter di Indonesia, juga pihak-pihak lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda