Scroll to Top

PSSI Perhitungkan IPL untuk Kompetisi Musim Depan

By Aditya / Published on Sunday, 21 Apr 2013

Logo IPL

PSSI berjanji akan memperhitungkan klasemen akhir kompetisi Indonesia Premier League (IPL) 2o13 untuk dapat mengikuti penyatuan liga yang akan mulai diberlakukan di musim depan atau tahun 2014 mendatang. Oleh karena itu, PSSI meminta kepada klub-klub IPL untuk tetap menyelesaikan jalannya kompetisi hingga akhir.

Hal itu diungkapkan oleh anggota Exco PSSI, Erwin Dwi Budiawan. Anggota Exco PSSI yang menangani bidang kompetisi ini berjanji untuk melibatkan klub-klub IPL dalam kompetisi kasta tertinggi di musim depan berdasarkan peringkat di klasemen akhir.

“Sebaiknya, klub-klub yang ikut dalam kompetisi IPL tetap menjalankan seluruh pertandingan hingga selesai sampai akhir musim. Hal ini karena posisi yang terdapat pada akhir musim akan menentukan tiket untuk mengikuti kompetisi baru untuk musim depan,” ujar Erwin Dwi Budiawan di Jakarta, Sabtu (20/4/2013).

Sebelumnya, PSSI sempat menyatakan bahwa hanya ada 4 klub IPL yang berhak mengikuti penyatuan kompetisi di tahun 2014 nanti. Keempat klub tersebut adalah Persiba Bantul, Semen Padang, Persijap Jepara, dan Persiraja Banda Aceh.

Sedangkan klub-klub IPL lainnya seperti PSM Makassar, Persibo Bojonegoro, atau Persema Malang, diharuskan mengikuti kompetisi dari jenjang di bawahnya karena dianggap masih harus menjalani hukuman dari PSSI di era terdahulu. Sementara klub-klub ”kloningan” semacam Persebaya IPL, Arema IPL, PSMS Medan IPL, atau Persija IPL, disebut-sebut tidak akan mendapatkan tempat di kompetisi tahun depan.

Akibatnya, banyak klub IPL yang enggan meneruskan kompetisi. Beberapa laga IPL terpaksa berakhir dengan status WO karena ada sejumlah klub yang tidak datang ke stadion. Bahkan, beberapa klub IPL pun disebut-sebut sudah gulung tikar alias membubarkan diri karena masa depan IPL yang tidak jelas.

Erwin Dwi Budiawan pun menyatakan akan memanggil kembali PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS) selaku operator IPL untuk membahas masalah ini.

“Sebenarnya, tujuan kami memanggil pihak LPIS beberapa waktu lalu untuk mengetahui kesulitan mereka dalam menjalankan kompetisi. Kami akan panggil kembali mereka untuk meminta laporan tersebut,” kata Erwin Dwi Budiawan.

“Kalau ditemukan kesulitan, kami para Exco akan menindaklanjutinya. Akan tetapi, belum ada pembicaraan para anggota Exco untuk membantu jalannya kompetisi IPL,” lanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda