Scroll to Top

Microsoft: Bing Aman dari Malware, Tak Menginfeksi Pengguna

By Ditya / Published on Sunday, 21 Apr 2013

Microsoft Bing

Microsoft menegaskan bahwa Bing, mesin pencari andalannya itu aman dari malware dan tak berpotensi untuk menginfeksi pengguna. Tampaknya raksasa perangkat lunak asal Redmond ini gerah dengan hasil penelitian AV-Test beberapa waktu lalu yang mengatakan bahwa hasil pencarian Bing lima kali berisiko mengandung malware dibandingkan dengan Google.

Hasil penelitian AV-Test yang menyebutkan bahwa hasil pencarian Bing lima kali lebih berisiko mengandung malware dibandingkan dengan Google ini membuat Microsoft yang merupakan pembesut mesin pencari Bing ini kebakaran jenggot. Microsoft akhirnya memutuskan untuk melawan.

 “AV-Test tidak benar-benar melakukan pencarian di bing.com. Sebaliknya mereka menggunakan Bing API (Application Programming Interface) untuk mengeksekusi sejumlah pertanyaan dan download hasilnya ke sistem mereka untuk analisa lebih lanjut. Dengan menggunakan API, bukan dari user interface, AV-Test melewatkan sistem peringatan kami yang dirancang untuk menjaga pelanggan yang dirugikan oleh malware.”

“Bing sebenarnya tidak mencegah pelanggan dari mengklik situs yang terinfeksi malware dengan menonaktifkan link pada halaman hasil dan menampilkan pesan di bawah untuk menghentikan orang pergi ke situs,” tegas Microsoft.

Microsoft Bing

Microsoft juga membantah bahwa hasil pencarian Bing lebih banyak mengandung malware ketimbang Google. Raksasa perangkat lunak pembesut sistem operasi Windows ini juga mengakui bahwa membedakan situs yang mengandung malware dan yang bersih memang bukan perkara yang mudah.

Seperti yang dilansir dari Softpedia (20/04/2013), Microsoft mengatakan bahwa pihaknya telah bekerja keras untuk menghasilkan sebuah sistem yang pada dasarnya tidak mengharuskan tautan atau hasil pencarian yang mengandung malware dan memberikan peringatan pada pengguna ketika menemukan hasil pencarian yang mengandung malware.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda