Scroll to Top

Grup 2 Kualifikasi Euro U-21: Swedia Menghajar Lithuania 4-0

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 06 Sep 2011

John Guidetti memimpin rekan-rekannya di timnas Swedia U-21 untuk menghancurkan Lithuania, tim terlemah di Grup 2 kualifikasi European U-21 Championship. Pemain Manchester City itu mencetak gol pembuka Swedia dan disusul dua gol dari Rasmus Jonsson plus satu gol Samuel Armenteros.

Swedia belajar banyak dari pertandingan sebelumnya pada 1 September kemarin. Kala itu, melawat ke Marijampole, mereka mesti bersusah payah menaklukkan tuan rumah Lithuania. Beruntunglah ada Mervan Celik. Sebuah golnya satu menit menjelang bubaran menghadiahkan tiga angka bagi Swedia.

Kini, Swedia mengikuti jejak Swiss U-1 yang juga sukses menang 4-0 di kandang. Gol pembuka lahir setelah John Guidetti dilanggar oleh Karolis Urbaitis. Penalti Guidetti tak bisa dihalangi oleh kiper Lithuania, Emilijus Zubas. Gol di menit 22 itu menjadi sinyal pesta gol Swedia.

Babak kedua, mereka seperti berlomba menjebol gawang Lithuania. Tendangan Rasmus Jonsson dari luar kotak penalti pada menit 57 menggandakan keunggulan Swedia.

Ketika babak kedua semakin mendekati penghujung, Samuel Armenteros melanjutkan pesta. Ia yang tidak terkawal, dengan jitu menaklukkan Emilijus Zubas pada menit 82. Terakhir, kerasi Erdin Demir membawa Rasmus Jonsson mencetak gol keduanya semenit menjelang bubaran.

Kemenangan ini mengerek Swedia ke puncak klasemen Grup 2. Sebenarnya, mereka memiliki nilai yang sama dengan Slovenia, namun selisih gol Swedia lebih baik. Lagipula, Slovenia sudah memainkan satu pertandingan lebih banyak. Melihat keperkasaan Swedia, bukan tidak mungkin mereka akan lolos ke putaran final Euro U-21 2013 yang akan diadakan di Israel; sekaligus berkesempatan melawan Spanyol sang juara bertahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda