Scroll to Top

Smartphone Pertama di Dunia untuk Tuna Netra Dikembangkan di India

By Ditya / Published on Monday, 22 Apr 2013

Braillephone

Sebuah startup di India telah berhasil mengembangkan smartphone pertama di dunia yang dirancang khusus untuk orang buta atau penyandang tuna netra. Smartphone ini mengusung layar pertama yang mengubah pesan yang diterima menjadi karakter Braille.

Sumit Dagar, salah satu anggota tim yang mengembangkan smartphone khusus tuna netra ini telah mengumumkan keberhasilan yang telah dicapai timnya dalam mengembangkan smartphone tersebut. Timnya mendapat bantuan untuk mengembangkan smartphone khusus tuna netra dari Center for Innovation Incubation and Entrepreneurship dan kampus Indian Institute of Management at Ahmedabad.

“Kami telah menciptakan smartphone Braille pertama di dunia. Produk ini didasarkan pada inovatif ‘layar sentuh’ yang mampu mengangkat dan menekan isi yang diterimanya untuk mengubah mereka menjadi pola ‘terjamah’,” kata Sumit Dagar dari tim pengembang smartphone khusus tuna netra.

Saat ini, smartphone khusus tuna netra ini sedang dalam tahap pengujian sambilo melihat respon pengguna dari kalangan tuna netra mengenai smartphone besutan timnya tersebut. Sumit Dagar berencana untuk terus mengembangkan smartphone khusus tuna netra ini dan menghadirkan versi yang lebih canggih di masa depan.

Proses pengembangan dan desain smartphone khusus tuna netra ini telah dimulai sejak tiga tahun lalu ketika Sumit Dagar masih belajar di National Institute of Design. Sumit Dagar juga telah berusaha menggandeng beberapa perusahaan untuk mendukung proyek smartphone khusus tuna netra,

Sumit dagar mengembangkan smartphone khusus tuna netra bersama timnya yang terdiri dari enam orang insinyur dan desainer dan mereka bekerja tanpa lelah dibawah bendera Kriyate Design Solution dan mendapat bantuan dana dari Rolex dan Young Lauretas Program untuk menyelesaikan proyek smartphone khusus tuna netra.

Seperti yang dilansir dari VR-Zone (21/04/2013), smartphone khusus tuna netra ini menggunakan teknologi Shape Memory Alloy technology, sebuah logam yang dapat mengingat bentuk aslinya. Smartphone khusus tuna netra ini memang tak membutuhkan layar visual karena teknologi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda