Scroll to Top

PSSI & BTN Harus Obyektif Memilih Pelatih Timnas Indonesia

By Aditya / Published on Monday, 22 Apr 2013

timnas indonesia rahmad darmawan jacksen f thiago

PSSI dan Badan Tim Nasional (BTN) diminta obyektif dalam memilih pelatih Timnas Indonesia. Ketua Umum Asosiasi Pelatih Seluruh Indonesia, Gatot Haryo Sutejo, menghimbau kepada PSSI dan BTN agar jangan memasukkan unsur politis ke dalam internal  Timnas Indonesia, termasuk soal pemilihan pelatih. Penunjukan pelatih Timnas Indonesia harus murni didasari faktor sepakbola, bukan hal-hal di luar itu.

“Penunjukan pelatih (Timnas Indonesia) itu harus didasarkan pada rekam jejak, bukan karena alasan lainnya,” tandas Gatot Haryo Sutejo belum lama ini.

“BTN harus memiliki kriteria pelatih seperti apa yang bisa menangani timnas. Misalnya, pelatih itu pernah membawa klubnya juara di liga Indonesia untuk beberapa kali,” lanjutnya.

Mengenai penetapan Jacksen F. Thiago sebagai pelatih Timnas Indonesia, Gatot Haryo Sutejo melihat ada sesuatu yang belum selesai sehingga pilihannya jatuh kepada pelatih Persipura Jayapura asal Brasil itu.

“Saya lihat ada sesuatu yang tidak bisa diselesaikan sehingga kita putuskan untuk serahkan posisi pelatih timnas ke Jacksen F Thiago,” tuding Gatot Haryo Sutejo.

Sebelumnya, memang terjadi tarik ulur antara dua kepentingan di PSSI dan BTN terkait penentuan pelatih Timnas Indonesia. Kubu Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin, tetap bersikukuh bahwa Luis Manuel Blanco adalah pelatih yang paling pantas membesut tim Garuda.

Sedangkan dari seberang, BTN yang kini dipimpin La Nyalla Mattalitti yang sekaligus menjabat sebagai Wakil Ketua Umum dan anggota Exco PSSI, menilai Luis Manuel Blanco tidak layak membesut Timnas Indonesia.

La Nyalla Mattalitti sempat mewacanakan nama Alfred Riedl untuk kembali melatih Timnas Indonesia senior. Namun, pada akhirnya justru Jacksen F. Tiago yang ditunjuk untuk menukangi Boaz Solossa dan kawan-kawan di tim Merah-Putih.

Sementara itu, manajemen Persipura Jayapura menyatakan tidak keberatan apabila Jacksen F. Tiago juga melatih Timnas Indonesia. Menurut Thamrin Sagala, Sekretaris Umum Persipura, status Jacksen F. Tiago saat ini tidak mengganggu kinerjanya bersama tim Mutiara Hitam yang tengah mengarungi kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2013.

“Tidak ada masalah, karena sebagai pelatih dia mulai aktif melatih pada bulan September. Pada saat kompetisi ISL berakhir. Jadi sampai kompetisi selesai kami memakai jasa Jacksen,” kata Thamrin Sagala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda