Scroll to Top

Liga Inggris: Daftar Tindakan Kontroversial Luis Suarez

By Wan Faizal / Published on Monday, 22 Apr 2013

Evra-Suarez

Harus diakui, Luis Suarez adalah salah satu pemain terbaik di dunia sepakbola. Namun harus diakui juga bahwa ia adalah salah satu pemain yang sarat kontroversi. Sudah ada banyak kejadian tak terpuji yang dilakukannya bersama klub yang ia bela. Terakhir, sebuah gigitan yang ia layangkan ke lengan Branislav Ivanovic menjadi bahan pembicaraan yang ramai.

Yap, dalam laga Liverpool kontra Chelsea semalam, Suarez memang membuat satu kontroversi tambahan dengan menggigit lengan Ivanovic. Suarez cukup beruntung karena wasit tak melihat kejadian di lapangan.

Sebelumnya, sudah ada banyak beberapa tindakan nyeleneh yang dilakukan oleh top skor sementara Liga Inggris 2012-2013 tersebut. Seperti ketika melakukan handball yang disengaja saat bermain di Piala Dunia 2010 silam.

Well, apa saja tindakan kontroversi ala Luis Suarez? Ini dia diantaranya:

Februari 2007: Saat itu, Suarez melakukan debutnya untuk Timnas Uruguay melawan Kolombia. Sayangnya, semua berakhir buruk saat ia diusir wasit di akhir pertandingan karena mengoleksi dua kartu kuning.

November 2007: Aksi ciamiknya bersama Nacional membuat Ajax Amsterdam kepincut untuk merekrutnya. Namun beberapa bulan disana, ia sudah bertengkar dengan rekan setimnya, Albert Luque, saat jeda pertandingan.

Suarez-WC 2010

Juli 2010: Saat bermain di perempat final Piala Dunia 2010 versus Ghana, Suarez menghadang laju bola dengan tangannya di garis gawang timnya sendiri di menit akhir perpanjangan waktu. Tak ayal, wasit mengusirnya keluar dan Ghana mendapatkan hadiah penalti yang gagal dieksekusi dengan baik oleh Asamoah Gyan. Kedua negara akhirnya melanjutkannya ke babak adu penalti dan Uruguay yang lolos ke semifinal. Publik Uruguay pun berterima kasih pada Suarez karena jika tangannya tidak beraksi, mungkin bola sudah masuk ke gawang dan Uruguay kandas di babak perempat final.

November 2010: Dikenai sanksi larangan bermain tujuh pertandingan karena menggigit gelandang PSV Eindhoven, Otman Bakkal, ketika kedua klub bertemu.

Suarez-Bakkal

Oktober 2011: Dalam laga Derby Merseyside, Suarez membuat Jack Rodwell mendapat kartu merah dari wasit. Padahal dalam tayangan ulang terlihat Rodwell hanya melakukan kontak minimalis dengan Suarez.

Oktober 2011: Suarez dituduh melakukan aksi rasis pada bek Manchester United, Patrice Evra, saat kedua tim bertemu di Anfield. Suarez akhirnya ditetapkan sebagai tersangka dan didenda sanksi delapan pertandingan dan denda uang sebesar 40.000 pounds.

Desember 2011: Meski sudah mendapat hukuman dari FA, namun Suarez masih bisa bermain saat Liverpool bertandang ke markas Fulham karena hukuman tersebut belum aktif. Sayangnya, pada pertandingan tersebut Suarez terlihat mengacungkan jari tengahnya pada fans Fulham yang kemudian membuatnya mendapat larangan bermain satu laga. Total, Suarez dilarang main di sembilan pertandingan.

Suarez-Fulham

Februari 2012: Kali ini giliran Liverpool yang bertandang ke Old Trafford. Namun ketika pertandingan akan dimulai, Suarez menolak diajak bersalaman oleh Evra.

Oktober 2012: Melakukan selebrasi gol yang kontroversial di hadapan manajer Everton, David Moyes, yang menuduhnya suka melakukan diving saat konferensi pers jelang pertandingan.

Januari 2013: Dalam pertandingan FA Cup kontra Mansfield, Suarez kedapatan mengontrol bola dengan tangannya untuk kemudian menceploskan bola ke dalam gawang. Gol tetap sah meski para pemain Mansfield melakukan protes karena wasit tak melihat kejadian tersebut.

April 2013: Menggigit lengan pemain Chelsea, Branislav Ivanovic.

Luis-Branislav

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda