Scroll to Top

Timnas Indonesia Dilatih Jacksen F. Thiago, Djohar Arifin Tetap Pilih Blanco

By Aditya / Published on Monday, 22 Apr 2013

Djohar Arifin Husin

Karir Jacksen F. Thiago sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia senior setelah ditunjuk oleh Badan Tim Nasional (BTN) pimpinan La Nyalla Mattalitti, bagi Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin, dianggap hanya sementara saja. Djohar Arifin tetap memilih Luis Manuel Blanco untuk menangani Timnas Indonesia dalam rencana jangka panjang. Oleh karena itu, Djohar Arifin Husin tetap menjalin komunikasi dengan pelatih asal Argentina tersebut.

Menurut Djohar Arifin Husin, Jacksen F. Tiago hanya akan menukangi Timnas Indonesia dalam periode singkat, yakni di ajang Pra Piala Asia 2015. Hal itu juga berlaku bagi Rahmad Darmawan (RD), pelatih pilihan Satlak Prima bentukan KONI, sebagai pelatih Timnas Indonesia U-23, yang disebut Djohar Arifin hanya akan membesut tim Garuda Muda di SEA Games 2013.

Setelah target jangka pendek itu usai, lanjut Djohar Arifin, Luis Manuel Blanco akan kembali diposisikan sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia senior sekaligus Timnas Indonesia U-23. Djohar Arifin bersikeras bahwa Indonesia sangat membutuhkan pelatih sekaliber Luis Manuel Blanco.

“Jangka pendeknya yakni di babak penyisihan Piala Asia 2015 dan SEA Games 2013. Sasaran jangka menengah adalah Piala AFF 2014 dan jangka panjangnya yakni Piala Dunia 2018 serta Piala Asia 2019,” ujar Djohar Arifin Husin di Jakarta belum lama ini.

“Kita benar-benar membutuhkan pelatih berkualitas seperti Blanco. Satu kali dalam sebulan, timnas wajib menggelar laga ujicoba,” lanjutnya.

Djohar Arifin Husin memang selalu memperjuangkan Luis Manuel Blanco untuk menjabat sebagai pelatih kepala di Timnas Indonesia. Bagi Djohar Arifin, Blanco adalah pelatih yang sangat berkualitas, dan keputusan membawanya ke Indonesia merupakan hasil pembicaraan dari dua kepala negara, yakni Presiden Argentina dengan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono.

“BTN hanya tidak mengetahui program kerja Blanco, sehingga mengambil kebijakan dengan menunjuk Jacksen untuk menangani Timnas senior. Kalau Blanco sudah memaparkan program-program kerjanya, maka bisa saja kembali menangani timnas Senior,” tandas Djohar Arifin Husin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda