Share

cacing mataPenyakit cacingan dikenal hanya terjadi pada organ pencernaan manusia saja. Walau pada beberapa kasus, cacing pita bisa mempengaruhi juga sistem syaraf dan otak manusia.

Selain itu, pernahkan Anda mendengar tentang cacing mata, yaitu sejenis cacing yang menginfeksi bagian mata manusia. Namanya adalah cacing Loa-loa. Penyebarannya dilakukan oleh lalat bakau, yang bertelur dan memasuki tubuh manusia melalui luka.

Di India, Dr Thomas Ashley Mulamoottil telah menemukan 7 kasus penyakit cacing mata ini. Tak tanggung-tanggung, dokter itu melakukan operasi pengangkatan dan menemukan cacing sepanjang 20 cm pada mata penderitanya.

Situs Boldsky melansir bahwa cacing mata yang telah diangkat oleh sang dokter adalah cacing Loa-loa terpanjang yang berhasil ditemukan.

Penyakit cacing mata ini awalnya ditemukan di Afrika, dan kini telah mencapai Asia. Secara medis, penyakit ini dikenal dengan nama microfilariasis atau Loiasis, terang Dr Mulamoottil pada situs tersebut.

Perawatan untuk pasien penderita cacing mata adalah dengan melakukan kemoterapi. Selain itu, dapat pula dilakukan pengangkatan dengan oprasi mata. Sayang, hingga saat ini belum ada vaksin khusus untuk Loa-loa filariasis ini.

Berikut ini videonya, agar Anda mengetahui detail jenis penyakit tersebut: