Scroll to Top

Akibat Adiksi iPad, Bocah 4 Tahun Dibawa ke Psikiater

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 23 Apr 2013

iPad Child

Teknologi tidak selamanya cocok bagi anak-anak. Kasus di Inggris misalnya, bocah berusia 4 tahun, harus dibawa ke psikiater akibat adiksi iPad. Orangtua balita ini habiskan dana hingga Rp 238 juta per bulan sebagai biaya pemulihan.

Kejadian ini bisa dibilang sebagai perilaku adiksi dini. Terjadi akibat penggunaan perangkat tertentu sejak usia sangat-sangat belia. Menurut dokter, balita tersebut kecanduan iPad khususnya di fitur game. Ia akan mengamuk jika dilarang menggunakan iPad.

Tak hanya mengamuk, gadis yang masih berusia empat tahun itu akan marah. Ia merebuk paksa iPad yang diambil orangtuanya. Menurut survei yang dilakukan, para orangtua di Inggris kerap membebaskan anak mereka untuk mengakses game di komputer tablet ini.

Richard Graham, seorang psikiater dari Capio Nightingale Clinic di London, mengatakan adiksi yang dibiarkan hingga usia 11 tahun akan membawa dampak buruk. Ini terkait soal proses pemulihan. Graham menyarankan jika orangtua cepat membawa anaknya jika memang terindikasi kecanduan.

Sedangkan pemulihannya nanti menggunakan metode detoksifikasi digital. Bianyanya cukup mahal mencapai 16 ribu poundsterling atau sekitar Rp 238 juta per bulan. Cara paling mudah dan sederhana mencegah anak tidak adiksi iPad yakni dengan tidak menaruh tablet tersebut sembarangan.

Jika anak sudah kecanduan, segera batasi pemakaian tablet. Jangan dibebaskan sesuka hati. Jika adiksi semakin akut, segera mencari bantuan ke pakarnya. Ingat, jangan sampai adiksi ini berlanjut hingga usia 11 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda