Share

timnas belanda

Laga ujicoba antara Timnas Indonesia vs Belanda dipastikan bakal digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta pada tanggal 7 Juni 2013 mendatang. Jika benar-benar terwujud, maka inilah kali pertama Timnas Indonesia bertemu dengan tim Oranje di medan ”perang” lapangan hijau. Timnas Belanda pun menjanjikan akan membawa para pemain bintangnya untuk menghadapi Boaz Solossa dan kawan-kawan.

Marc Boele, Kepala Pemasaran dan Sponsor KNVB (federasi sepakbola Belanda), mengatakan ada sejumlah pemain bintang de Oranje yang dipastikan turut dibawa ke Jakarta. Tak main-main, para pilar timnas Belanda itu saat ini memperkuat klub-klub besar Eropa. Bukan hanya itu, Belanda juga didampingi oleh pelatih Louis van Gaal beserta asistennya yang juga mantan bintang tim Oranje dan Barcelona, Patrick Kluivert.

Adapun para pemain bintang yang dibawa Belanda ke Indonesia antara lain Robin van Persie (eks Arsenal, kini di Manchester United), Arjen Robben (eks Real Madrid, kini di Bayern Muenchen), Klaas Jan Huntelaar (eks Real Madrid, AC Milan, kini di Schalke 04), Wesley Sneijder (eks Real Madrid, Inter Milan, kini di Galatasaray).

Selanjutnya ada Rafael van der Vaart (eks Real Madrid, Tottenham Hotspur, kini di Hamburg SV), Ibrahim Afellay (pemain Barcelona yang dipinjamkan ke Schalke 04), Dirk Kuyt (eks bintang Liverpool yang kini di Fenerbahce), dan Eljero Elia (pemain Juventus yang dipinjamkan ke Werder Bremen), Nigel de Jong (eks Manchester City kini di AC Milan), dan sejumlah pemain lainnya.

“Pertandingan nanti adalah kesempatan bagus karena banyak penggemar Belanda di sini. Bagaimana pun, kami ke sini tidak hanya untuk sekadar bertanding. Kami juga ingin membagi ilmu dan filosofis sepakbola Belanda. Jadi, tunggu Oranje di Jakarta,” ujar Marc Boele.

“Kami senang KNVB memberi janji untuk membantu Indonesia, salah satunya dengan ujicoba. Kehadiran timnas Belanda ini merupakan sejarah sepakbola dan tentu sangat menggembirakan mengingat akan ada pemain inti mereka ikut hadir. PSSI akan meminta BTN untuk mempersiapkan tim dengan serius,” balas Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin.