Scroll to Top

Mantis Hexapod, Robot Canggih Terbesar dengan Enam Kaki

By Ditya / Published on Tuesday, 23 Apr 2013
Mantis Hexapod
Mantis Hexapod

Sebuah robot canggih terbesar berkaki enam dan dapat dinaiki layaknya sebuah kendaraan telah berhasil diciptakan, yakni Mantis Hexapod. Robot Mantis Hexapod yang sekilas mirip laba-laba raksasa ini telah menghabiskan dana hingga ratusan ribu pound dan telah memakan waktu pembuatan hingga 4 tahun.

Matt Denton, adalah pencipta robot Mantis Hexapod yang merupakan spesialis animatronik yang berasal dari Hampshire, Inggris. Matt Denton juga memiliki sebuah perusahaan yang memproduksi animatronik dan robotika untuk film dan program televisi bernama Micromagic.

Sebelum terciptanya robot Mantis Hexapod, perusahaan ini juga telah berpengalaman membuat robot hexapod lain untuk keperluan film dan televisi, tapi ukurannya tak cukup besar untuk dikendarai oleh manusia.

Penemu robot Mantis Hexapod ini bangga telah berhasil menciptakan robot enam kaki terbesar yang telah memakan biaya ratusan ribu pound dan menghabiskan waktu selama 4 tahun untuk membuat robot Mantis Hexapod. Matt Danton mengatakan bahwa pihaknya membangun robot Mantis Hexapod ini hanya untuk bersenang-senang.

Robot Mantis Hexapod ini memang berukuran besar dengan bobot mencapai 1.900kg. Robot canggih ini memiliki tinggi 2,8 meter dan diameter 5 meter. Keenam kakinya didukung oleh mesin diesel turbo Perkins 2.2 liter dan tangki bahan bakar 20 liter.

Robot raksasa Mantis Hexapod mengkonsumsi 20 liter solar untuk perjalanan jarak hanya 5 km, dengan kecepatan rendah 1.5 km/jam. Matt Danton mengakui bahwa konsumsi bahan bakar robot ini memang tak efisian, pihaknya mengatakan bahwa penggunaan kaki untuk berjalan memang tak seefisien roda.

Seperti yang dilansir dari VR-Zone (23/04/2013), robot Mantis Hexapod ini keenam kakinya dapat bekerja dengan baik berkat perangkat lunak HexEngine yang membuat semua 18 aktuator hidrolik, bisa miring dan memiringkan tubuhnya yang besar dan dapat melakukan spin penuh di bawah kendali pilot. Pilot mengendalikan segala sesuatunya dari kokpit dengan joystick.

Penasaran? Simak video berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda