Scroll to Top

Bakpia, Jajanan Khas Yogyakarta yang Bikin Ketagihan

By C Novita / Published on Tuesday, 23 Apr 2013

bakpiaBakpia dan Yogyakarta, adalah dua kata yang sulit dipisahkan. Bila Anda berlibur ke kota tersebut, maka oleh-oleh yang paling mudah Anda temukan adalah bakpia. Penganan ringan yang enak, manis, empuk dan mungil ini memang bikin ketagihan.

Bakpia terbuat dari adonan tepung yang diisi dengan kacang hijau kupas, keju, atau coklat. Adonan tersebut dimatangkan dengan cara dipanggang, sehingga kolesterol yang dikandungnya sedikit.

Sebenarnya bakpia bukan hidangan asli kota Yogya, sebab ternyata bakpia berasal dari negri China. Asal kata bakpia adalah ‘bak’ dan ‘pia’ yang berarti roti daging. Rupanya, sekitar tahun 1948-an ada suatu kawasan di Yogya bernama Pathuk yang mulai membuat kue mungil ini.

Sejak itu, kawasan Pathuk dikenal sebagai sentra penghasil bakpia yang ramai dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun dari mancanegara.

Uniknya, bila Anda berkunjung ke Malioboro, hampir semua tukang becak akan menawarkan pada Anda untuk datang ke pabrik pembuatan kue bakpia. Di sana Anda dapat membeli bakpia yang masih panas sebab baru keluar dari oven.

Bahkan, Anda dapat turut menyaksikan proses pembuatan kue bakpia tersebut dan mencicipi kelezatannya. Menyenangkan, bukan?

Harga 1 kotak bakpia cukup terjangkau bagi kantong semua kalangan. Hanya Rp. 20 ribu dengan isi 12 atau 15 biji.

Nah, Anda ada rencana berkunjung ke Yogyakarta dalam waktu dekat, jangan lupa membeli bakpia sebagai buah tangan untuk keluarga tercinta, ya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda