Scroll to Top

Smartphone Firefox OS Ludes Terjual dalam Hitungan Jam

By Ditya / Published on Wednesday, 24 Apr 2013

Firefox OS smartphone

Kemarin, Mozilla telah mengumumkan bahwa smartphone Firefox OS untuk pengembang, yakni Peak dan Keon, sudah mulai tersedia untuk dipesan. Kedua smartphone berbasis Firefox OS tersebut ludes dalam hitungan jam setelah meluncur. Hal ini diungkapkan oleh salah satu mitra Mozilla yang berasal dari Spanyol, Geeksphone.

Geeksphone adalah salah satu mitra Mozilla yang turut menjual smartphone Firefox OS untuk para pengembang, yakni Peak dan Keon. Geeksphone mampu menjual seluruh pasokan smartphone Firefox OS yang tersedia dalam hitungan jam saja. Ini menunjukkan bahwa banyak pengembang yang tertarik untuk mengembangkan aplikasi untuk Firefox OS.

Geeksphone menjual dua varian smartphone Firefox OS, yakni Peak dan keon. Spesifikasi smartphone Keon tak terlalu istimewa, mengingat pasar yang dituju adalah kelas menengah kebawah. Keon ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon S1 single-core dengan kecepatan 1GHz yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 512MB dan grafis dari Adreno 200.

Smartphone Keon ini mengusung layar berukuran 3,5 inci dengan resolusi HVGA 320 x 480 piksel. Tak hanya itu, Keon dibekali kamera untuk mengabadikan momen dengan resolusi 3 megapiksel. Baterai Keon ini cukup mumpuni dengan kapasitas 1.580mAh dan dijual dengan harga US $119.

Retailer asal Spanyol ini juga menjual smartphone Peak, varian yang lebih tinggi dari Keon. Peak mengusung spesifikasi yang lebih tinggi dari Keon, yakni ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon S4 dual-core dengan kecepatan 1,2GHz yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 512MB dan memori internal sebesar 4GB.

Smartphone Peak ini mengusung layar berukuran 4,3 inci dengan resolusi qHD 540 x 960 piksel IPS (In-Plane Switching) serta mengusung kamera depan dengan resolusi 2 megapiksel dan kamera belakang dengan resolusi 8 megapiksel. Peak dijual dengan harga US $195.

Mozilla mengatakan, bahwa sebagian besar smartphone Firefox OS yang dijual untuk konsumen di lima negara pada Juni 2013 mendatang mengusung spesifikasi yang serupa dengan Keon. Saat ini memang belum ada kabar mengenai smartphone yang mengadopsi spesifikasi yang serupa dengan Peak.

Seperti yang dilansir dari Slashgear (23/04/2013), Mozilla sendiri telah menggandeng 18 operator untuk merilis smartphone Firefox OS. Selain itu, Mozilla juga menggandeng Huawei, Alcatel, ZTE, dan Sony untuk memproduksi smartphone Firefox OS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda