Scroll to Top

BeagleBone, Komputer Mini Rp 400 Ribuan Siap Saingi Raspberry Pi

By Ditya / Published on Wednesday, 24 Apr 2013
BeagleBone
BeagleBone

Sebuah komputer mini seharga US $45 atau sekitar Rp 400 ribuan siap menyaingi popularitas Raspberry Pi, yakni BeagleBone. Salah satu kelebihan komputer mini BeagleBone ini dibandingkan dengan Raspberry Pi adalah spesifikasi yang lebih tinggi, sehingga kemampuan prosesnya lebih cepat.

Berbeda dengan Raspberry Pi yang mengandalkan prosesor ARM11, komputer mini BeagleBone ini ditenagai oleh prosesor Sitara AM335x yang mengusung single-core ARM Cortex-A8 dengan kecepatan 1GHz. Arsitektur ARM Cortex-A8 dan dipadukan dengan kecepatan yang lebih tinggi, diklaim jauh lebih cepat dari Raspberry Pi.

Tak hanya itu, komputer mini BeagleBone ini telah menyertakan sistem operasi secara pre-install, sehingga dapat langsung digunakan. Komputer mini BeagleBone ini dilengkapi dengan memori RAM sebesar 512MB dan ruang penyimpanan internal sebesar 2GB.

BeagleBone Spesifikasi

Komputer mini BeagleBone ini datang dengan sistem operasi open-source Linux atau dapat juga menggunakan sistem operasi Android. Spesifikasi BeagleBone yang lebih tinggi ini membuat penggunanya lebih bebas dalam meilih sistem operasi yang akan digunakan.

Menurut Jason Kridner, pendiri BeagleBoard.org, sekitar 100.000 papan akan dibuat untuk komputer mini BeagleBone. Bandingkan dengan generasi sebelumnya, mampu terjual antara 50.000 hingga 60.000 unit dengan harga yang lebih mahal dan performa yang lebih lambat.

“Anda dapat membangun printer 3D, Anda dapat membangun rovers, Anda dapat membangun drone, Anda dapat membangun proyek-proyek seni, penerangan jalan,” kata Jason Kridner, pendiri BeagleBoard.org.

Seperti yang dilansir dari TG Daily (23/04/2013), komputer mini BeagleBone ini akan mampu bersaing dengan Raspberry Pi jika disediakan aksesoris dan modul yang lengkap, sehingga dapat memuaskan dahaga para PC Modder dan PC DIY untuk membangun proyek kreatif berbasis komputer mini BeagleBone.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda