Scroll to Top

FB Segera Bangun Data Center Baru di Iowa

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 24 Apr 2013

Data Center FB Iowa

Pada Selasa lalu Facebook mengumumkan rencana pembangunan data center baru mereka di Altoona, Iowa, Amerika Serikat. Jika rencana ini benar-benar terealisasi, maka data center FB secara total kini berada di empat lokasi yang berbeda.

Selain Altoona, Iowa, data center Facebook lainnya tersebar di lokasi lain baik di Amerika serta di outside negara Paman Sam. Diantaranya ada di Prineville, Oregon, North Carolina, dan Lulea (Swedia). Di lokasi terakhir Facebook sengaja membungun data center ini untuk menampung foto-foto jadul.

Lantas mengapa Facebook memilih Iowa? Jejaring sosial popular ini menjelaskan jika negara bagian tersebut miliki ‘kelebihan daya’. Facebook akan memanfaatkan desain server Open Compute Project yang mengurangi dampak lingkungan akibat komputasi awan.

Facebook sendiri dikabarkan menggelontorkan dana hampir USD 300 juta dalam investasinya. Proyek setara Rp 2,9 triliun ini akan dibangun secara bertahap dan diprediksi bisa segera beroperasi mulai tahun 2014.

Langkah Facebook membangun pusat data ke-4 di Iowa mendapat respon positif dari negara bagian setempat. Kabarnya Facebook mendapat ‘diskon’ pajak hingga USD 18 juta sebagai imbalan atas penciptaan lapangan kerja baru di wilayah tersebut.

Jay Parikh, Vice President of Infrastructure Engineering Facebook mengatakan jika umumnya banyak orang mengatakan Facebook adalah sebuah sesuatu yang sederhana. Namun dibalik keserhanaan itu lebih dari 1 miliar orang ‘tinggal’ di Facebook.

Menurutnya Facebook harus siap mengantisipasi akan segala infrastruktur terkait data center. Dan pusat data di Iowa akan mendorong miliaran pengguna baru untuk bergabung di jejaring sosial popular tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda