Share

Dortmund vs Madrid

Hasil pertandingan Real Madrid vs Dortmund yang digelar pada Kamis, 25 April 2013 berakhir dengan skor 4-1 untuk tuan rumah. Meski Cristiano Ronaldo mencetak gol, empat gol Robert Lewandowski-lah yang menentukan skor Borussia Dortmund vs Real Madrid. Hasil Liga Champion 2013 ini membuat Cristiano Ronaldo dkk. harus menang 3-0 jika ingin lolos ke partai final Liga Champions yang digelar di Wembley.

Pelatih Juergen Klopp benar-benar memasang skuad terbaiknya dalam laga Dortmund vs Madrid dengan mengandalkan trio Kuba-Goetze-Reus sebagai penggedor. Sementara, Jose Mourinho yang memainkan pola serupa dalam duel Madrid vs Dortmund, memakai trio Cristiano Ronaldo-Ozil-Luka Modric.

Menit-menit awal duel Real vs Dortmund diwarnai permainan tuan rumah yang serba kilat dan penuh determinasi. Tak heran jika Marco Reus mengancam gawang Diego Lopez di ancaman pertama dalam duel Borussia vs Real Madrid di menit 7. Dan semenit kemudian, gawang Los Blancos akhirnya jebol.

Adalah Robert Lewandowski yang melakukannya. Menerima umpan silang Mario Goetze, penyerang Polandia mendorong bola masuk. Kita mungkin bisa berkata ini keteledoran para pemain belakang El Real, tapi Dortmund sangat layak mendapatkan keunggulan ini.

Dortmund vs Madrid 2

Dortmund vs Madrid 3

Pasca gol, BVB sedikit mengendurkan serangan. Hasilnya, Madrid lebih menguasai bola. Namun, serangan balik pasukan Juergen Klopp yang lebih berbahaya dari tim tamu. Setelah peluang emas Blaszczzykowsky (’32) yang melayang dan klaim penalti Marco Reus (’42), Madrid sukses mencuri gol. Kesalahan fatal Mats Hummels dimanfaatkan Gonzalo Higuain untuk menyodorkan bola kepada Cristiano Ronaldo. Tak membuang kesempatan CR7 membobol gawang Roman Weidenfeller di menit 43.

Dortmund vs Madrid 7

Menit 50, Dortmund kembali unggul dan lagi-lagi Robert Lewandowski pelakunya. Para pemain belakang Real Madrid mengira sang penyerang Polandia berada di posisi off side sehingga terdiam, padahal kenyataannya tidak. Alhasil dengan mudah Lewandowski kembali mengoyak gawang Diego Lopez.

Empat menit berselang, lagi-lagi Lewandowski yang berbicara. Menerima umpan di daerah kotak penalti, Si Nomor 9 menghajar bola dengan kencang untuk menciptakan hattricknya di laga ini. Namun, ia belum mau berhenti.

Dortmund vs Madrid 6

Dortmund vs Madrid 8

Menit 65, Xabi Alonso didakwa menjatuhkan Marco Reus di kotak terlarang. Tendangan penalti yang dieksekusi Lewandowski melesak telak ke gawang Diego Lopez yang tertipu mentah-mentah.

Penyerang yang sama masih mengancam di menit 78. Namun kali ini Diego Lopez yang tak mau kemasukan gol kelima yang berhasil mengatasi serangan Dortmund.

Los Blancos bukannya tak berusaha memperbaiki keadaan. Mulai dari Angel Di Maria, Karim Benzema, hingga Ricardo Kaka dihadirkan. Namun tragedi yang sama seperti Barca terulang. Unggul penguasaan bola, Los Merengues tidak memiliki kesempatan untuk menembak. Kesempatan Cristiano Ronaldo di menit 87 juga terbuang.

Skor akhir 4-1 dan untuk kedua kalinya dalam dua hari, klub dari Liga Jerman menghabisi klub Liga Spanyol. Masih adakah harapan untuk Real Madrid?

Dortmund   Real Madrid
13(7) Tembakan (tembakan ke gawang) 8(4)
12 Pelanggaran 12
4 Tendangan Sudut 1
3 Off side 5
45% Penguasaan Bola 55%
1 Kartu Kuning 2
0 Kartu Merah 0
3 Penyelamatan 3

Borussia Dortmund (4-2-3-1): Weidenfeller, Piszczek (Grosskreutz ’82), Subotic, Hummels, Schmelzer, Gündogan (Julian Schieber ’91), Bender, Blaszczykowski (Kehl ’81), Götze, Reus, Lewandowski.

Real Madrid (4-2-3-1): Diego Lopez, Alonso, Varane, Pepe, Coentrao, Khedira, Alonso (Kaka ’79), Ronaldo, Ozil, Modric (Di Maria ’68), Higuaín (Benzema ’68).