Scroll to Top

Google Hapus Fitur Instant Preview di Hasil Penelusuran

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 25 Apr 2013

Google Search

Google kini menghapus fitur Instan Preview di hasil penelusurannya. Namun dibalik penghapusan fitur preview ini Google juga tambahkan fitur baru. Sebuah menu drop-down akan muncul dengan tiga opsi: Chache, Mirip, dan Bagikan.

Instant Preview sendiri dirilis Google pada tahun 2010 silam. Fitur ini memungkinkan pengguna mengintip dalaman situs yang ditelusuri sebelum memutuskan mengunjunginya. Simak video di bawah ini untuk menyegarkan kembali fitur Instant Preview.

Sedangkan tiga menu yang muncul di drop-down letak tombolnya di sebelah kanan alamat URL hasil pencarian. Perhatikan gambar di bawah ini.

Google Search

Opsi Cache atau ‘tembolok’ akan menelusuri laman hasil jepretan yang telah ditampilkan atau dikunjungi sebelumnya. Opsi ini sangat membantu untuk mengunjungi situs web yang sedang alami perawatan (maintenance) atau offline.

Opsi Mirip akan menampilkan hasil penelusuran yang related dengan kata kunci yang diinputkan. Misalkan saja Anda memasukkan kata kunci ‘Facebook’ maka di opsi Mirip akan muncul hasil pencarian terkait serupa seperti Twitter, Path, Pinterest, dan lainnya.

Dan opsi yang terakhir adalah Bagikan. Jelas opsi ini merujuk ke jejaring sosial Google Plus. Ketika menklik tombol share nantinya akan muncul pop-up kotak share Google+ akun Anda. Tinggal tulis diskripsi konten yang diinginkan, atur soalprivasi, dan terakhir klik Share.

Fitur-fitur di atas telah tersedia untuk Google Indonesia. Tatkala SidomiNews mencobanya, tiga opsi baru tersebut muncul dan fitur Instan Preview sudah tidak lagi tersedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda