Share

Jacksen F Thiago

Jacksen F. Thiago menegaskan akan mematuhi segala kebijakan yang dikeluarkan oleh manajemen Persipura Jayapura terkait kehendak Badan Tim Nasional (BTN) yang menginginkannya menukangi Timnas Indonesia senior. Pelatih asal Brasil ini menyerahkan sepenuhnya tentang segala hal yang terkait dirinya dan Timnas Indonesia kepada manajemen Persipura.

“Segala sesuatu mengenai rencana timnas saya serahkan kepada manajemen Persipura. Mereka tahu apa yang terbaik buat Persipura. Secara pribadi, saya sangat menghargai keputusan manajemen,” kata Jacksen F. Tiago belum lama ini.

BTN memang telah menunjuk Jacksen F. Tiago sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia senior kendati ia juga masih terikat kontrak sebagai pelatih tim Mutiara Hitam. Ketidakjelasan mengenai statusnya ini membuat Jacksen F. Tiago enggan menanggapi berbagai spekulasi yang selama ini beredar.

“Untuk sekarang ini, saya tidak mau berkomentar apapun di luar Persipura. Saya harus menghormati kontrak dengan Persipura maupun dengan BTN dan PSSI,” ujar eks pemain dan pelatih Persebaya Surabaya ini.

Menanggapi hal ini, Sekretaris Umum Persipura, Thamrin Sagala, mengatakan, sebenarnya pihaknya tidak keberatan melepaskan Jacksen F. Tiago untuk melatih Timnas Indonesia. Namun, harus ada jalan tengah karena Persipura juga membutuhkan tenagan Jacksen F. Tiago untuk mengawal tim Mutiara Hitam di kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2013.

Selain itu, manajemen Persipura juga masih menantikan surat resmi dari PSSI dan BTN terkait penunjukan Jacksen F. Tiago sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia senior.

“Mengenai bentuk win-win solution, Jacksen bisa melatih Persipura dan timnas secara bersamaan. Itu yang kami harapkan. Dia bisa melatih timnas saat jeda waktu kompetisi. Jadi kedua belah pihak sama-sama nyaman. Tapi kami masih akan membahas hal ini dengan manajemen,” kata Thamrin Sagala.

“Ketua Umum Persipura sampai saat ini masih menunggu surat penunjukan Jacksen dari PSSI. Harus ada penunjukkan formal melalui surat penunjukan Jacksen,” lanjutnya.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin, tampaknya tidak keberatan dengan keinginan manajemen Persipura yang menginginkan win-win solution terkait posisi Jacksen F. Tiago. Baru setelah itu, PSSI akan mengeluarkan surat resmi.

.”Timnas tidak sepanjang tahun. Gabung dengan timnas paling lama 10 hari, kecuali saat SEA Games. Terlebih, Persipura dan pemain timnas juga tengah berkompetisi,” kata Djohar Arifin Husin.

.”Setelah ada pembicaraan itu, baru surat keluar. Jadi, jangan surat dulu baru bicara,” lanjutnya.