Scroll to Top

iTunes Rayakan Ultah Ke-10, Apple Tambahkan Fitur Baru

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 25 Apr 2013

iTunes 10 Tahun

Tidak terasa iTunes telah berusia 10 tahun. Untuk merayakannya, Apple menyuntikkan fitur baru sejenis Timeline multimedia. Di fitur ini pengguna bisa melihat cerita dibalik akun iTunes miliknya dari tahun ke tahun hingga hari ini.

Tak hanya fitur tersebut, Apple membagikan lagu-lagu terlaris di setiap dekade. Pengguna bisa melihat dari tahun ke tahun apa saja konten yang dimiliki di iTunes Library mereka secara kronologis.

iTunes Store diluncurkan pada 28 April 2003. Kala itu ‘toko musik’ ini hanya miliki koleksi 200 ribu lagu saja. Menurut Apple single paling laris kala itu adalah Stuck in a Moment (U2) dan album terlaris yakni Sea Change (Beck’s).

iTunes sendiri di zaman internet menjadi salah satu penyelamat artis dan musisi di tengah kasus pembajakan yang merajalela. Harga per single-nya sangat terjangkau hanya sekitar USD 0,99 saja. iTunes bahkan kini telah mendukung pembayaran menggunakan mata uang Indonesia.

Eddy Cue salah satu eksekutif Apple mengatakan jika penciptaan iTunes Store 10 tahun lalu miliki visi untuk menfasilitasi pengguna mengunduh konten MP3 secara legal. Apple sendiri sempat terpana saat mengetahui telah terjadi 1 juta unduhan sepekan pasca perilisan.

iTunes, sebut Eddy Cue, kini telah mencetak 25 miliar unduhan. Salah satu moment penting iTunes adalah saat penambahan koleksi The Beatles pada November 2010 dan peluncuran App Store pada musim panas 2008 yang saat itu hanya miliki koleksi 500 aplikasi saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda