Share

timnas indonesia 2013

Timnas Indonesia dipastikan akan menghadapi tim nasional Belanda pada tanggal 7 Juni 2013 mendatang di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta. Meskipun hanya bertajuk pertandingan ujicoba alias persahabatan, namun laga Timnas Indonesia vs Belanda diprediksi akan berlangsung semarak dengan dibalut aroma ”dendam sejarah”. Benarkah?

”Dendam sejarah” yang dimaksud bukan terjadi di gelanggang sepakbola karena pertandingan pada Juni nanti merupakan kali pertama kedua tim bertemu di lapangan hijau. Namun, Indonesia pernah punya pengalaman buruk dengan Belanda di masa silam. Salah satu negara kolonialis Eropa itu pernah menjajah Nusantara selama berabad-abad.

Bermula dari siasat perdagangan yang diterapkan oleh VOC alias kompeni, Belanda kemudian menduduki wilayah Nusantara, yang kemudian dikenal dengan nama Hindia Belanda. Hingga akhirnya, pada tanggal 17 Agustus 1945, Indonesia menyatakan kemerdekannya. Namun, pengakuan kedaulatan dari Belanda kepada Indonesia baru terjadi pada tanggal 27 Desember 1949, setelah sebelumnya kedua belah pihak terlibat peperangan fisik sejak tahun 1945.

Nah, apakah laga Timnas Indonesia kontra Belanda nanti menjadi ajang pelampiasan dendam sejarah, ataukah justru sebagai media untuk memperbaiki hubungan kedua negara dengan melupakan semua kejadian di masa lampau? Yang pasti, Marc Boele, Kepala Pemasaran dan Sponsor KNVB (federasi sepakbola Belanda), yakin bahwa pertandingan nanti akan berlangsung seru.

“Pertandingan nanti adalah kesempatan bagus karena banyak penggemar Belanda di sini. Bagaimanapun, kami ke sini tidak hanya untuk sekadar bertanding. Kami juga ingin membagi ilmu dan filosofis sepakbola Belanda,” ujar Marc Boele di Jakarta beberapa waktu lalu.

“Kerjasama di bidang olahraga ini adalah aset untuk membuat kondisi lebih baik bagi hubungan Indonesia-Belanda. Saya optimistis pertandingan nanti akan semarak,” lanjutnya.

Belanda tampaknya antusias menyambut laga melawan Timnas Indonesia nanti. Tak main-main, Belanda berjanji akan membawa para pemain bintangnya yang saat ini memperkuat klub-klub besar Eropa. Bukan hanya itu, Belanda juga didampingi oleh pelatih Louis van Gaal beserta asistennya yang juga mantan bintang de Oranje dan Barcelona, Patrick Kluivert.

Adapun para pemain bintang yang akan dibawa Belanda ke Indonesia antara lain Robin van Persie (eks Arsenal, kini di Manchester United), Arjen Robben (eks Real Madrid, kini di Bayern Muenchen), Klaas Jan Huntelaar (eks Real Madrid, AC Milan, kini di Schalke 04), Wesley Sneijder (eks Real Madrid, Inter Milan, kini di Galatasaray).

Selanjutnya ada Rafael van der Vaart (eks Real Madrid, Tottenham Hotspur, kini di Hamburg SV), Ibrahim Afellay (pemain Barcelona yang dipinjamkan ke Schalke 04), Dirk Kuyt (eks bintang Liverpool yang kini di Fenerbahce), dan Eljero Elia (pemain Juventus yang dipinjamkan ke Werder Bremen), Nigel de Jong (eks Manchester City kini di AC Milan), dan sejumlah pemain lainnya.