Scroll to Top

Twitter Siapkan Fitur Nearby, Eksplorasi Tweet Berdasar Lokasi

By Ibnu Azis / Published on Friday, 26 Apr 2013

Twitter

Twitter dikabarkan sedang siapkan fitur baru terkait nearby. Fitur ini akan mengeksplorasi kicauan terdekat berdasar lokasi pengguna. Bahkan menurut AllThingsD Twitter telah mengujicoba fitur ini di kalangan internal.

Belum lama ini Twitter merilis fitur musik di Twitter #Music. Fitur tersebut juga mengeksplorasi apa yang dilontarkan pengguna di linimasa namun terkait dengan musik yang sedang mereka nikmati. Nah fitur nearby juga mengeksplorasi apa yang ditulis pengguna berdasar lokasi terdekat.

Misalkan saja Anda saat ini sedang berada di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Tangerang, Banten. Ketika menggunakan fitur nearby, Anda bisa menyimak pelbagai tweet yang dikicaukan di sekitar wilayah saat ini.

Lantas apa tujuan Twitter menyiapkan fitur tersebut? Menurut CNET News yang dikutip tulisan ini kemungkinan besar Twitter ingin meningkatkan interaksi pengalaman pengguna. Ini tidak hanya interaksi di linimasa dalam berbalas kicauan, namun juga soal engagement akun pengguna.

Misalkan saja Anda mengetahui pengguna terdekat ada si A, si B, si C, dan seterunya. Tak hanya bisa membalas mention mereka, Twitter berharap dari interaksi ini dua pengguna asing bisa saling terhubung (follow).

Dengan demikian fitur ini sangat menarik sebagai ajang penambahan teman diluar opsi pencarian teman yang ada. Twitter sebelumnya hanya miliki fitur pencarian teman lewat pemindaian alamat email pengguna.

Jika memang fitur tersebut benar-benar hadir, maka Twitter akan semakin interaktif. Namun sejatinya fitur ini telah disajikan oleh aplikasi pihak ketiga jauh-jauh hari. Misalkan saja di aplikasi UberSocial, SocialScope, atau Hootsuite.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda