Scroll to Top

Game Tetris Bantu Pengobatan Penyakit Mata Malas

By Ilham Choirul / Published on Friday, 26 Apr 2013

tetris

Memainkan game tetris, selain mengasyikkan, ternyata bisa menjadi terapi buat Anda yang memiliki penyakit mata malas atau amblyopia. Menurut sebuah studi yang dilakukan tim peneliti dari Universitas McGill di Kanada, mata pemain game tetris akan terstimulasi untuk terlatih melakukan kerjasama secara lebih baik. Demikian menurut kabar yang dirilis BBC.

Penyakit mata malas, terjadi ketika ada perkembangan abnormal pada salah satu mata. Orang yang menderitanya tidak bisa melihat dengan sempurna karena mata tidak dapat memandang ke arah yang sama. Mereka kerap ditemui harus meyipitkan mata untuk bisa melihat dengan jelas. Dan, kerusakan mata secara permanen dapat dialami kalau penanganan medisnya tidak tepat. Sebuah studi di Inggris mengatakan, penyakit ini dialami satu dari 50 anak.

Penderita amblyopia bisanya akan menjalani latihan pada matanya yang abnormal untuk bekerja keras mengikuti gerakan mata normal. Dan, cara ini biasanya membuat penderitanya tertekan dan tidak nyaman. Pasalnya, mereka mesti menutupi matanya yang normal memakai sebuah tambalan agar mata yang mengalami amblyopia lebih terlatih.

Sementara itu, pada studi terbaru ini, peneliti menemukan cara melatih mata bagi penderita penyakit mata malas dengan cara yang lebih menyenangkan. Pada pengamatan terhadap 18 orang dewasa menunjukkan, melatih mata dengan game tetris ini ternyata lebih baik dari latihan konvensional.

Para relewan diminta untuk memakai kacamata video khusus. Mereka diwajibkan memakai kacamata tersebut selama bermain game tetris empat jam sehari dalam rentang waktu dua minggu. Kacamata tersebut berfungsi agar mata yang sehat dan abnormal bisa menjadi sebuah tim dan bekerja sama secara lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda