Scroll to Top

Cara Mengatasi Kelebihan Minyak pada Hidung

By Ilham Choirul / Published on Friday, 26 Apr 2013

hidung

Kulit berminyak memang mengganggu penampilan. Sebagian orang bahkan memiliki kelebihan minyak terutama pada zona T, yaitu area hidung. Penumpukan lemak ini membawa konsekuensi terhadap risiko kemunculan jerawat dan komedo.

Dikutip dari Boldsky, hidung berminyak bisa diminimalisasi kehadirannya. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan pori-pori di area hidung senantiasa bersih. Pori-pori di zona T pada hidung akan menjadi tempat menumpuknya kotoran dan kelebihan minyak saat Anda tidak mempedulikan kebersihannya. Jadi seringlah membersihkan hidung saat terasa tidak nyaman.
  2. Gunakan air untuk membersihkan kelebihan minyak di hidung. Memang saat ini banyak produk kosmetik yang bisa dipakai. Namun, gunakan produk tersebut tidak lebih dari dua kali per hari. Sementara membersihkan dengan air  menjadi cara yang terbaik. Pasalnya, air tetap mampu menjaga kelenturan kulit.
  3. Lemon juga bisa dipakai untuk mengatasi hidung berminyak. Ambil kapas dan teteskan air lemon, lalu usapkan pada hidung hingga bersih. Lakukan dua sampai tiga kali sehari untuk menjaga hidung dari masalah yang muncul karena hidung berminyak.
  4. Paduan madu dan almond juga baik untuk memerangi hidung berminyak. Masukkan beberapa sendok almond bubuk ke dalam madu dan jadikan scrub untuk membersihkan hidung Anda. Racikan ini dapat pula untuk membersihkan wajah secara keseluruhan.
  5. Cara lebih praktis yaitu membeli scrub di toko dan menggosokkannya pada hidung Anda. Pakai scrub dua hingga tiga kali seminggu pada hidung untuk hasil maksimal. Cara ini efektif pula untuk membersihkan komedo.
  6. Cara lain adalah memanfaat campuran air cuka dengan air bersih. Rendam kapas ke dalamnya dan gosokkan di area hidung. Lalu, tempelkan di hidung selama 15 menit. Lanutkan kemudian dengan membilasnya memakai air dingin. Selain berguna menyerap kelebihan minyak di hidung, juga bermanfaat mengobati komedo dan jerawat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda