penyebab kecelakaanTak ada seorang pun yang ingin mengalami hal buruk atau kecelakaan saat sedang berkendara. Namun, peristiwa itu bisa terjadi kapan saja dan pada siapa pun tanpa pandang bulu. Berikut ini adalah faktor penyebab terjadinya kecelakaan yang paling umum dialami:

  • Ngantuk

Rasa ngantuk sangat manusiawi dialami oleh seorang manusia, apalagi bila waktu tidurnya memang kurang dan tubuh sedang dalam keadaan lelah. Tapi akibat timbulnya rasa kantuk ini bisa sangat fatal. Kehilangan kesadaran hanya beberapa detik saja sering menjadi penyebab timbulnya kecelakaan di jalan raya.

  • Dibawah pengaruh obat/alkohol

Penggunaan beberapa jenis obat sejenis narkotika, baik legal maupun ilegal, dapat mengakibatkan tingkat kesadaran seseorang menurun. Demikian juga alkohol yang mempengaruhi kesadaran dan pola berpikir logis pada manusia. Halusinasi bisa muncul serta tingkat konsentrasi dapat menurun sebagai efek sampingnya. Hal ini juga menjadi penyebab kecelakaan terjadi.

  • Ponsel

Menjawab panggilan ponsel atau mengirim SMS saat sedang berkendara bisa jadi pilihan buruk bagi Anda. Kegiatan ini dapat mengalihkan konsentrasi Anda pada keadaan lalu lintas, dan menyebabkan peristiwa yang tidak diinginkan.

  • Emosi

Pengendalian emosi sangat penting dilakukan saat sedang berkendara di jalan raya. Jika tidak, maka emosi yang tak terkendali tersebut dapat mengakibatkan kecelakaan bagi diri Anda dan orang lain.

  • Kondisi kendaraan

Kondisi kendaraan yang tak layak pun sering jadi penyebab timbulnya peristiwa kecelakaan. Misalnya rem yang blong, atau lampu yang tak dapat menyala saat malam hari.