timnas indonesia u-19 Indra Sjafri

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, segera mempersiapkan tim untuk mengisi skuat Garuda Muda. Bahkan, Timnas Indonesia U-19 telah diagendakan untuk melakoni sejumlah laga ujicoba. Timnas Indonesia U-19 dijadwalkan bakal menjalani laga tandang untuk menjajal Jepang, Arab Saudi, dan ikut turnamen internasional yang digelar Norwegia.

“Rencananya akan ujicoba dengan Jepang dan Arab Saudi. Kami akan bermain tandang. Timnas Indonesia U-19 juga direncanakan ikut turnamen di Norwegia,” terang Indra Sjafri di Jakarta belum lama ini.

Skuat Timnas Indonesia U-19 kali ini dipastikan juga akan lebih ramai. Pasalnya, Indra Sjafri berencana memanggil para pemain dari semua lini, baik para pemain dari berbagai daerah, pemain yang berkiprah bersama tim SAD Indonesia di Uruguay, pemain dari kompetisi Indonesia Super League (ISL) U-21, juga dari divisi-divisi di bawahnya.

“Para pemain saya datangkan dari daerah-daerah, ditambah dari tim Sosial Anomina Devortivo (SAD), Indonesia Super League (ISL) U-21, juga dari divisi 1, 2, dan 3,” ujar Indra Sjafri di Kantor PSSI, Senayan, Jakarta, Kamis (25/04/13).

“Saya akan berusaha menjaring pemain-pemain berbakat kelahiran tahun 1995. Kalau berjalan lancar, maka training centre (TC) akan digelar 1 Mei 2013 mendatang,” lanjutnya.

Indra Sjafri memang telah hampir pasti menjabat kembali sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia U-19 setelah Luis Manuel Blanco menolak tawaran dari Badan Tim Nasional (BTN) untuk mengampu jabatan itu. Indra Sjafri sendiri telah memaparkan program-programnya kepada BTN.

“Saya paparkan yang selama ini sudah saya lakukan dan apa yang akan saya lakukan ke depannya. Sekarang tinggal menunggu keputusan dari BTN, apakah BTN berkenan atau tidak,” kata Indra Sjafri.

Selama membesut Timnas Indonesia U-19 dan sebelumnya timnas pada  jenjang usia di bawahnya, berbagai prestasi membanggakan telah dipersembahkan Indra Sjafri, termasuk dua kali merebut gelar juara turnamen HKFA Youth Invitation Tournament di Hongkong dan sejumlah capaian positif lainnya.

Nama-nama seperti Mariano Djonak Uropmabin, Gavin Kwan Adsit, Eriyanto, Evan Dimas, Indra Kelana Nasution, Ichsan Hari Kurniawan, Sabeq Fahmi Fahrezi, dan seabrek pemain muda lainnya semakin cemerlang di bawah asuhan Indra Sjafri.

Di skuat kali ini, Indra Sjafri akan semakin leluasa memilih pemain karena bisa memakai pemain dari semua kompetisi, tidak hanya dari kompetisi yang berada di bawah naungan PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS) saja seperti sebelumnya.