Scroll to Top

Google Glass Gunakan Prosesor yang Sama Dengan Galaxy S2

By Ditya / Published on Saturday, 27 Apr 2013
Google Glass
Google Glass

Beberapa waktu lalu, Google merilis spesifikasi resmi dari kacamata pintar Google Glass, sayangnya tak disebutkan chipset dan prosesor yang digunakannya. Baru-baru ini diketahui bahwa kacamata pintar Google Glass tersebut ditenagai oleh chipset dan prosesor yang sama dengan smartphone Samsung Galaxy S2.

Misteri chipset dan prosesor yang digunakan oleh kacamata canggih Google Glass akhirnya terkuak, yakni menggunakan chipset Texas Instruments OMAP 4430 yang mengusung prosesor dual-core yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 1GB. Chipset ini juga digunakan oleh smartphone Samsung Galaxy S2.

Penggunaan chipset TI OMAP 4430 ini cukup aneh, mengingat chipset prosesor tersebut tergolong lawas, karena dirilis pada tahun 2011 lalu. Banyak pengembang yang mempertanyakan mengapa Google tak menggunakan TI OMAP 4460 yang lebih baru dan sama dengan yang digunakan oleh Galaxy Nexus.

Seorang pengembang yang beruntung mendapatkan sepasang Google Glass, Jay Lee mengungkapkan detail kacamata pintar besutan Google tersebut. Menurut Jay Lee, memori RAM Google Glass yang bebas dimanfaatkan oleh Google Glass hanya sekitar 682MB dan ia mengatakan bahwa Google Glass ini menggunakan sistem operasi Android 4.0.4 Ice Cream Sandwich.

Jay Lee juga menambahkan bahwa memori RAM yang tak bisa dimanfaatkan 100% ini karena sebagian digunakan oleh sistem. Sayangnya, Jay Lee tak menyebutkan kecepatan prosesor OMAP 4430 yang digunakan pada kacamata pintar Google Glass.

Seperti yang dilansir dari Slashgear & TechRadar (26/04/2013), beberapa waktu lalu raksasa mesin pencari Google ini telah merilis spesifikasi resmi Google Glass yang dibekali dengan memori internal sebesar 16GB dengan ruang kosong sebesar 12GB serta kamera dengan resolusi 5 megapiksel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda