Scroll to Top

FB Messenger Tambah 16 Stiker Baru: Finch

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 27 Apr 2013

Finch

Facebook rilis 16 stiker baru di FB Messenger yang tergabung dalam pack Finch. Stiker ini hasil karya illustrator Matt Jones yang menurutnya sebagai upaya untuk menghantarkan pesan yang lebih manusiawi.

Stiker sangat berbeda dengan emoticon. Salah satu pembeda yang mencolok soal ukurannya. Stiker miliki ukuran lebih besar daripada emoticon. Meski demikian fungsinya sama sebagai wujud pengekspresian diri yang tidak terwakilkan via teks.

Facebook Jumat kemarin mengumumkan jika rilis pack Finch oleh Matt Jones miliki 16 ekspresi baru seperti simpatik, sedih, gembira, takjub, terkejut, dan lainnya. Ketersediaannya sendiri telah disuntikkan di Facebook Sticker Store.

Meski tampilan dan wujud stiker sangat konyol dan kocak, namun produk ini menurut Facebook adalah hasil kerja selama berbulan-bulan. Facebook mencoba menangkap apa yang hilang dari percakapan (chatting) dua pengguna yang tidak dirasakan saat tatap muka.

Finch
Finch di Sticker Store (iPhone)

Bahkan Facebook miliki riset sendiri soal stiker ini yang mereka sebut dengan compassion research. Penelitian ‘kasih sayang’ ini menggandeng akademisi, ilmuwan, seniman, serta animator ternama.

Menurut salah satu seniman yang digandeng Facebook, stiker adalah sebuah bentuk penyempurnaan dari apa yang telah terwakilkan di emoticon. Finch sendiri menerapkan desain gerak dan animasi klasik plus pelbagai karakter yang menarik.

Pack Finch sendiri sudah tersedia di Facebook Messenger iOS . Tatkala SidomiNews mencoba di Android, Finch masih belum nongol ketersediaannya di Sticker Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda