Scroll to Top

PSSI Rencanakan Pakai Wasit Asing Untuk Laga Penting Liga Indonesia

By Agus Prasetyo / Published on Sunday, 28 Apr 2013

Wasit IPL

Melihat masih kurang maksimalnya kinerja wasit lokal, PSSI berencana untuk menggunakan jasa wasit asing dalam beberapa laga penting Liga Indonesia. Hal ini diungkapkan oleh anggota Komite Eksekutif PSSI, Robertho Rouw.

Dalam keterangannya, Robertho Rouw tidak membantah jika PSSI berencana akan menggunakan wasit asing pada beberapa laga penting.

“Kami berencana mendatangkan wasit dari luar negeri untuk bisa mempimpin pertandingan di Liga Indonesia. Kami akan memakai wasit dari negara kawasan Asia Tenggara dan bersertifikat AFC” ungkap Robertho Rouw.

Dikatakan Robertho, wacana mendatangkan wasit asing tersebut muncul untuk bisa memberikan contoh kepada wasit-wasit Indonesia. Wasit-wasit itu nantinya akan mulai digunakan pada putaran kedua atau kompetisi musim depan.

“Wasit itu yang menentukan sehat atau tidaknya keberlangsungan suatu pertandingan. Makanya wasit harus dapat mempimpin pertandingan dengan keputusan yang baik dan tegas. Agar pemain dan penonton dapat tenang dan nyaman” tambahnya.

Terkait kebutuhan dana untuk mendatangkan wasit asing tersebut, PSSI menegaskan hal itu tidak menjadi masalah.

“Kita paling tinggi standard gaji di Asia Tenggara, maka dari itu kita tidak memusingkan masalah budget” pungkasnya.

Penggunaan wasit asing ini masih terkait dengan insiden pemukulan yang dilakukan pemain Persiwa Wamena Edison Pieter Rumaropen pekan lalu.

Robertho Rouw dalam pernyataannya menyebut kalau ada wasit yang memang kurang cakap memimpin pertandingan dan karenanya PSSI melalui Komite Wasit akan melakukan seleksi yang lebih ketat pada korps baju hitam tersebut.

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda