Scroll to Top

Tips Atasi Masalah Keringat Berlebihan (Hyperhidrosis)

By C Novita / Published on Sunday, 28 Apr 2013

keringat berlebih

Keringat diperlukan untuk menjaga stabilnya suhu tubuh, dan membuang bahan tak berguna dari dalam tubuh. Namun bila keluarnya berlebihan, itu menjadi masalah yang kerap dikenal sebagai hyperhidrosis. Hal itu tentu sangat mengganggu kepercayaan diri dan kenyamanan Anda. Apalagi bila keringat tersebut mempunyai aroma yang tak enak dicium.

Timbulnya masalah keringat berlebih dibedakan menjadi dua kondisi, yaitu primary dan secondary hyperhidrosis.

Primary hyperhidrosis adalah keringat berlebih yang timbul di bagian tubuh seperti kaki, ketiak dan tangan. Sedangkan secondary hyperhidrosis adalah keringat yang dialami karena gejala suatu penyakit yang dialami oleh tubuh Anda. Misalnya tekanan darah rendah, stres, emosi.

Pada secondary hyperhidrosis keringat bisa muncul di seluruh bagian tubuh.

Mengatasinya bisa dilakukan dengan meminta pertolongan pada medis, atau dengan melakukan beberapa hal seperti memilih jenis pakaian yang nyaman dan dingin. Menghindari beberapa jenis makanan yang menggunakan bawang.

Hindari stres dan minimalisasi trauma dengan cara mandi air dingin usai Anda beraktifitas atau mengalami hal tidak menyenangkan. Perbanyak olahraga, sebab ini dapat membantu memperbaiki metabolisme tubuh.

Gunakan sabun antiseptik untuk meminimalkan pertumbuhan bakteri penyebab bau badan, serta mengganti baju sesering mungkin bila telah basah oleh keringat. Memakai bedak penghilang aroma atau deodorant pun dapat Anda lakukan.

Nah, semoga masalah Anda dapat teratasi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda