Scroll to Top

Menang 6-0 atas Liechtenstein, Spanyol Lolos ke Euro 2012

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 07 Sep 2011

Masih ada dua pertandingan sisa yang mesti dilakoni Spanyol dalam kualifikasi Euro 2012. Namun, dua pertandingan itu tak lebih sebagai pemenuhan kewajiban bertanding semata setelah mereka membekap Liechtenstein dengan skor telak 6-0.

Dengan kemenangan ini, Spanyol telah memperoleh nilai sempurna, 18 dari 6 kali bertanding. Dan, tidak ada lagi negara mana pun di Grup I yang mampu mengejar perolehan angka mereka.

Sang juara dunia dan juara bertahan Eropa sempat dibuat frustrasi sepanjang 30 menit babak pertama. Mengandalkan David Villa dan Alvaro Negredo di depan, Tim Merah Darah mesti bersabar hingga 12 menit menjelang turun minum. Negredo, pemain andalan Sevilla, mencetak gol pembuka. Empat menit kemudian, Negredo kembali mencatatkan namanya di papan skor. Gol ini tercipta berkat kerjasama duo Barcelona, Villa dan Andres Iniesta.

Pesta Spanyol pun dimulai. Xavi Hernandez mencetak gol ketiga Spanyol dan gol kesepuluhnya bersama timnas melalui tendangan bebas di penghujung babak pertama.

Babak kedua, seperti melupakan perseteruan di klub, Iniesta memberikan umpan melengkung yang dituntaskan oleh Sergio Ramos, bek Real Madrid yang kerap meledak dalam duel El Clasico. 4-0 di menit 52. Kemudian, David Villa menutup kemenangan Spanyol dengan dua gol. Masing-masing di menit 60 dan 79.

Spanyol melenggang mulus ke Ukraina-Polandia dengan rekor menang 100% hingga pertandingan keenam. Di bawah mereka, ada Republik Ceska yang mengoleksi 10 poin. Republik Ceska sendiri mesti bertarung ketat dengan Skotlandia. Maklum, negara asal Charlie Adam ini baru saja mengandaskan Lituania 1-0 dan kini memperoleh nilai 8.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda