Scroll to Top

Kualifikasi Euro 2012 Grup I: Italia Mengandaskan Slovenia 1-0

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 07 Sep 2011

Setelah Jerman dan Spanyol, Italia ikut lolos ke Euro 2012. Menghadapi Slovenia, Italia sukses mengamankan tiga poin. Dan hal itu cukup dengan satu gol Giampaolo Pazzini.

Seperti saat membungkus Kepulauan Faroe dengan skor sama, Cesare Prandelli mengandalkan si anak bengal Antonio Cassano dan Giuseppe Rossi sejak awal pertandingan. Namun, hingga menit 60, tidak ada satu gol pun yang tercipta. Alternatif pun mesti dilakukan. Pazzini dimasukkan untuk menggantikan Cassano.

Bermain di Artemio Franchi, kandang mantan klubnya, Fiorentina, tampaknya memberikan kesan tersendiri bagi Pazzini. Striker yang kini bermain untuk Internazionale Milan ini akhirnya memuaskan harapan pendukung timnas lima menit menjelang bubaran.

Menerima umpan silang Claudio Marchisio, Pazzini membobol gawang Slovenia yang dikawal Jasmin Handanovic. 1-0 pun sudah cukup untuk Cesare Prandelli yang sebelum pertandingan memang ingin memastikan langkah Italia di Artemio Franchi.

Italia sebenarnya bisa menang dengan margin yang lebih besar jika peluang Giuseppe Rossi dan Danielle de Rossi mampu dimaksimalkan. Namun, berkat permainan cemerlang Handanovic dan barisan pertahanan Slovenia, Italia memang dipaksa pusing hingga beberapa menit menjelang pertandingan berakhir. Tercatat, Azzurri cuma bisa melepaskan 3 tendangan on target. 9 tendangan lain tak mampu membidik gawang Slovenia.

Dengan tiga angka dari pertandingan ini, Italia mengumpulkan 22 poin dari 8 pertandingan, hasil dari 7 kali menang dan 1 kali seri. Posisi mereka di puncak klasemen tidak mungkin tergeser oleh Serbia, Estonia, dan Slovenia yang bersaing ketat untuk merebut posisi runner-up grup dan melenggang ke Ukraina-Polandia sebagai salah satu runner-up terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda