Scroll to Top

Kualifkasi Euro 2012 Grup F: Kroasia Mengatasi Israel 3-1

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 07 Sep 2011

Kroasia memupuk asa untuk mengulang sejarah sebagai salah satu tim yang ditakuti di Eropa. Sebelas tahun lalu, di Prancis, generasi emas Kroasia seperti Davor Suker, Zvonimir Boban, dan Robert Prosinecki, bisa menghasilkan gelar juara tiga Piala Dunia 1998.

Kini, jalan menapaki sejarah itu mulai terbuka; setidaknya untuk lolos ke Ukraina-Polandia. Menghadapi Israel di kandang sendiri, tim papan catur merah sukses membekap lawannya 3-1.

Israel sempat unggul terlebih dahulu di penghujung babak pertama. Tomer Hemed berhasil menaklukkan kiper berpengelaman Stipe Peletikosa pada menit 44. Tertinggal hingga turun minum, Kroasia mesti bekerja keras.

Maka dimasukkanlah eks pemain Arsenal, Eduardo. Didukung gelandang sekelas Luka Modric dan Niko Kranjcar, Eduardo pun menyengat.

Kebangkitan Kroasia ditandai oleh gol Luka Modric. Pemain yang “terjebak” di Tottenham Hotspur ini menyamakan kedudukan di menit 47.

Gol kemenangan Kroasia pun lahir dari kaki Eduardo. Ia mencetak gol pertamanya pada menit 55. Dua menit kemudian, Eduardo kembali sukses menghajar gawang Dudu Aouate. 3-1, skor bertahan hingga pertandingan berakhir.

Dengan kemenangan ini, Kroasia bertengger di puncak klasemen dengan nilai 19. Mereka berhasil menggeser juara Euro 2004, Yunani yang mengoleksi 18 poin. Ketika kualifikasi tinggal menyisakan dua pertandingan lagi, tinggal Kroasia dan Yunani yang berpeluang ke Ukraina-Polandia dari Grup F. Pertandingan 7 Oktober, kala Yunani menjamu Kroasia, akan menjadi penentu langkah keduanya ke Euro 2012.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda