Scroll to Top

Carol Bartz CEO Yahoo Dipecat!

By Erni Dwi / Published on Wednesday, 07 Sep 2011

carol-bartzSetelah Steve Jobs mengumumkan pengunduran dirinya sebagai CEO Apple kini dunia kembali digegerkan berita baru.

Carol Bartz CEO (Chief Executive Officer) Yahoo yang bergabung dengan Yahoo sejak tahun 2009 akhirnya mengumumkan pemecatan atas dirinya sendiri pada selasa , 06 september 2011 kemarin. Yahoo mengumumkan reorganisasi kepemimpinan di mana Dewan Direksi telah menunjuk Timotius Morse CFO (Chief Financial Officer ) Yahoo,  menggantikan Carol Bartz sebagai CEO sementara.

Kabar pemecatan ini juga diumumkan Bartz kepada semua pegawai Yahoo dalam email melalui iPadnya. Bartz menyatakan bahwa keluarnya dirinya dari Yahoo bukan atas sukarela tetapi dipecat oleh pimpinan Yahoo melalui telepon.

Seperti yang diberitakan oleh Techcrunch pada bulan Juli lalu Yahoo cukup gencar sedang mencari pengganti untuk Bartz, meski Yahoo sendiri secara sungguh-sungguh menyangkal hal tersebut dan lucunya  pada pertemuan pemegang saham Yahoo menyebut isu tersebut “bullshit” semata.

Dalam karirnya sebagai CEO dan co-Founder bersama Jerry Yang, perjalanan Bartz tidak terlalu mulus dan bahkan cenderung naik turun. Harga saham berada dalam kisaran $12.50 pada saat Bartz mengambil alih sebagai CEO menggantikan CEO terdahulu. Keuangan Yahoo pada akhir-akhir ini juga cenderung lemah membuat Yahoo harus berusaha keras untuk tetap bertahan, pengurangan tenaga insinyur dan lainnya serta menurunnyainovasi-inovasi produk baru yang bahkan cenderung berhenti juga menjadi kendala, di tambah lagi hubungan yang lemah dengan mitra-mitranya di Asia, upaya pemasaran yang mahal namun cenderung gagal.

Bostock selaku pimpinan Yahoo, menyatakan rasa terima kasihnya kepada Bartz atas kerja kerasnya selama ini. Yahoo juga merilis pengumumanatas pembentukan Executive Leadership Council  yang dibentuk untuk membantu CFO (Chief Financial Officer )  Tim Morse  sebagai CEO sementara untuk mengurusi operasi sehari-hari sampai ditunjuknya CEO sebagai pengganti Bartz.

Anggota dari Executive Leadership Council tersebut akan terdiri dari Michael Callahan, Blake Irving, Ross Levinsohn, Rich Riley,  Rose Tsou dan Jerry Yang,sebagai Co-Founder Yahoo juga akan turut berpartisipasi membantu Morse.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda