PSSI Berharap Timnas Indonesia U-19 Lolos ke Piala Dunia

timnas indonesia u-19 Indra Sjafri

PSSI berharap, Timnas Indonesia U-19 dapat lolos ke Piala Dunia U-20 yang akan digelar di Selandia Baru pada tahun 2015 mendatang. Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin, mengatakan, Timnas Indonesia U-19 punya peluang untuk mewujudkan mimpi tersebut. Hal itu dapat terjadi apabila Timnas Indonesia U-19 mampu menembus 4 besar di ajang Piala Asia U-19.

Saat ini skuat Garuda Muda memang sedang disiapkan untuk mengikuti Kualifikasi Piala Asia U-19 yang akan berlangsung tahun 2014. Timnas Indonesia U-19 yang tergabung dalam Grup G yang dihuni juga oleh Korea Selatan sebagai lawan terkuat, kemudian ada Filipina, Laos, dan Guam.

Djohar Arifin Husin optimis Timnas Indonesia U-19 dapat lolos ke putaran final Piala Asia U-19 kendati harus berhadapan dengan Korea Selatan. Faktor yang sangat menguntungkan adalah karena anak-anak Garuda Muda akan berlaga di depan publik sendiri lantaran Indonesia bertindak sebagai tuan rumah. Bahkan, Djohar Arifin menyebut Timnas Indonesia U-19 berpotensi mampu menaklukkan Korsel.

“Memang lawan-lawannya sangat berat. Apalagi, Korea Selatan yang mungkin akan menjadi lawan berat anak-anak. Tapi, kita punya peluang untuk menang saat menghadapi Korsel, karena kita punya keuntungan bermain di kandang sendiri,” tandas Djohar Arifin Husin di Jakarta belum lama ini.

Apabila Timnas Indonesia U-19 bisa lolos ke putaran final Piala Asia U-19 tahun depan, lanjut Djohar Arifin Husin, kemudian mampu meraih tempat minimal di posisi ke-4, maka kesempatan untuk berlaga di Piala Dunia U-20 dua tahun mendatang sangat terbuka.

”Bisa finish di urutan empat Piala Asia, maka mimpi tampil di Piala Dunia untuk pertama kalinya akan terwujud. Saat ini memang fokusnya di sana,” ujar Djohar Arifin Husin.

Sebagai catatan, babak kualifikasi Piala Asia U-19 terdiri dari 9 grup. Peringkat pertama di masing-masing grup bersama 6 tim terbaik akan melaju ke putaran final Piala Asia U-19 yang diagendakan akan digelar di Myanmar pada Oktober 2014 mendatang.

Nah, tim yang menempati peringkat empat besar Piala Asia U-19 akan secara otomatis menjadi wakil dari Asia untuk berlaga di ajang yang lebih besar, yakni Piala Dunia U-20 pada tahun 2015 mendatang.

Komentar Anda

Leave A Response