Scroll to Top

Tanda Bila Seseorang Positif Terinfeksi HIV

By C Novita / Published on Tuesday, 30 Apr 2013

tanda hiv aids

Bagi kebanyakan kita, HIV Aids adalah penyakit yang sangat mengerikan, hingga sebisa mungkin menjauh adalah cara yang lebih selamat. Namun hal itu membuat kita tak tahu informasi tentang penyakit menular tersebut. Padahal sedikit informasi mengenai HIV Aids akan menjadi ilmu yang berguna, bagi diri sendiri dan juga keluarga.

Tanda seseorang terinfeksi virus HIV tidak akan terlihat sebelum virus itu menyebar di tubuh. Waktunya tak tentu, bisa 2, 3 atau 10 tahun ke depan. Tanda-tanda itu akan terlihat bila masa inkubasi virus telah berakhir.

Bila virus tertidur dalam aliran darah, maka seseorang tak akan menyadari kecuali dilakukan tes laboratorium. Namun apabila virus HIV itu telah muncul, maka kesehatan tubuh akan memburuk dengan cepat.

Berikut ini tanda-tanda awal yang mungkin terlihat bila seseorang terserang virus HIV:

  • Demam tiba-tiba

Saat virus sudah mulai menginfeksi, maka biasanya akan muncul demam tiba-tiba. Demam ringan ini kerap disertai dengan batuk dan flu. Lamanya hanya beberapa hari, lalu seusainya bisa saja tak ada tanda-tanda lain selama bertahun-tahun.

  • Kelelahan

Bila istirahat telah cukup, makan bergizi, dan tak banyak aktifitas namun tetap saja merasa kelelahan, ini bisa jadi tanda bahwa seseorang terinfeksi HIV.

  • Pembengkakan kelenjar getah bening

Terjadi pembengkakan kelenjar getah bening dan sakit otot sebab virus HIV kebanyakan menyerang pada cairan limpha.

  • Pusing

Pusing atau sakit kepala yang dirasakan terus-menerus dan tak putus disertai demamdan lemah.

  • Kulit jadi sensitif

Kulit jadi sensitif, mudah merah dan berdarah hanya karena sentuhan kecil atau goresan.

  • Kuku tak berwarna

Kuku akan tumbuh rapuh, bergelombang, dan berubah menjadi tak berwarna atau tipis dan transparan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda