Scroll to Top

Source Code Google Glass Dirilis Oleh Google

By Ditya / Published on Tuesday, 30 Apr 2013
Google Glass
Google Glass

Setelah merilis SDK (Software Development Kit) dan spesifikasi teknis dari Google Glass, kini Google merilis source code atau kode sumber dari kacamata pintar tersebut. Dirilisnya source code Google Glass ini juga menandai bahwa Google membuka peluang bagi hacker untuk memodifikasi dan mengembangkan kacamata cerdas tersebut.

Tim Google Glass telah merilis Linux source code atau kode sumber dari kacamata augmented reality berbasis Android tersebut. Source code Google Glass tersebut kini tersedia dan dapat diunduh di code.google.com. Rilis kode sumber Google Glass ini jelas sangat bermanfaat bagi pengembang dan hacker untuk mengembangkan kacamata canggih yang awalnya disebut dengan Project Glass tersebut.

Sayangnya, Google tak merilis seluruh kode sumber dari Google Glass. Kode sumber Android yang terdapat pada Google Glass ini dibagi menjadi dua bagian, yakni kode sumber kernel Linux yang menggunakan lisensi GPLv2 dan kode sumber Android yang menggunakan lisensi Apache. Sedangkan kode sumber Google Glass yang dirilis oleh Google hanya kode sumber Linux-nya.

Rilis kode sumber Android pada Google Glass ini memungkinkan modifikasi yang lebih bebas dari kacamata cerdas tersebut seperti pada Android untuk tablet dan smartphone yang melahirkan proyek fork yang populer, sebut saja CyanogenMod atau Amazon Kindle Fire.

Seperti yang dilansir dari ArsTechnica (29/04/2013), Google dikabarkan akan segera merilis sisa kode sumber atau source code Android dari Google Glass. Namun, belum ada informasi yang jelas mengenai kapan sisa kode sumber Google Glass akan dirilis oleh Google.

Banyak hacker dan pengembang yang berharap agar Google dapat segera merilis sisa kode sumber tersebut agar mereka dapay mengutak-atik sistem yang terdapat pada Google Glass dengan lebih leluasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda