Scroll to Top

Haswell, Prosesor Generasi Keempat Intel Dirilis 3 Juni 2013

By Ditya / Published on Tuesday, 30 Apr 2013

Intel Haswell Rilis

Intel secara tak langsung telah mengumumkan tanggal rilis prosesor generasi keempat, yakni Haswell, pada 3 Juni 2013 mendatang. Hal ini terungkap dari posting blog Intel yang mengatkan bahwa prosesor Haswell akan dirilis sekitar 3.337.200.000.000.000 nanodetik yang berarti terjadi pada tanggal 3 Juni 2013 mendatang.

Meski telah mengungkapkan tanggal rilis Haswell, produsen prosesor x86 terbesar di dunia ini tidak memberikan banyak informasi mengenai spesifikasi dan varian prosesor generasi keempatnya. CEO Intel sebelumnya telah mengatakan bahwa Haswell akan membawa peningkatan performa yang diiringi dengan penurunan konsumsi daya.

“Keluarga baru prosesor akan melampaui harapan serta performa teknologi lama dan mengantarkan sejumlah desain baru yang signifikan dengan kinerja yang luar biasa dan daya tahan baterai yang sangat lama,” menurut keterangan resmi dari Intel, seperti yang dilansir dari Hexus (29/04/2013).

Intel Haswell

Berdasarkan informasi yang beredar, prosesor Haswell memang tadak mengonsumsi daya sebanyak generasi Ivy Bridge dan menawarkan performa sekitar 10% lebih cepat dibanding generasi Ivy Bridge dengan kecepatan yang sama. Haswell juga menjanjikan peningkatan performa grafis terintegrasi yang siginifikan.

Bahkan, menurut seorang eksekutif senior Intel, grafis yang diusung oleh Haswell akan menyamai kemampuan kartu grafis diskrit, karena grafis Haswell diklaim memberikan peningkatan kinerja hingga 2x lipat dibanding generasi sebelumnya.

Selain itu, Intel mengatakan bahwa ultrabook yang ditenagai oleh prosesor generasi keempatnya tersebut akan mengusung desain  yang lebih tipis dan lebih ringan. Intel juga mengatakan bahwa konsep ultrabook berbasis prosesor Haswell nantinya akan djual dengan harga yang lebih murah dan dilengkapi dengan layar sentuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda