Scroll to Top

21 Fakta Tragedi 11 September (9/11)

By alfasukarno / Published on Thursday, 08 Sep 2011
  1. tragedi 11 SeptemberJumlah anak yang kehilangan orangtua pada tragedi 9/11 adalah 3.051 orang anak.
  2. Menurut riset, konsumsi alcohol di Manhattan seminggu setelah kejadian naik 25% dibandingkan pada waktu yang sama di tahun sebelumnya (2000). Konsumsi tembakau naik 10%, dan marijuana 3,2%. Jumlah kehadiran pada ibadah di gereja dan sinagog juga naik 20%.
  3. Total nilai karya seni yang hancur pada saat WTC runtuh melebihi 100 juta USD. Termasuk patung “WTC Stabile” karya Alexander Calder, “World Trade Center Tapestry” karya Joan Miro, Lukisan lukisan karya Lichtenstein, Picasso, dan David Hockney.
  4. Salah satu pahlawan pada kejadian ini adalah Roselle, seekor guide dog berjenis labrador yang menuntun majikannya yang buta , Michael Hingson, menuruni 78 lantai di tower utara dan menuju rumah salah seorang temannya.
  5. Pasukan pemadam kebakaran menghabiskan total waktu 100 hari untuk mematikan semua api yang tersulut saat kejadian.
  6. Hanya 261 jenazah yang berhasil ditemukan dalam keadaan utuh diGround Zero (tempat kejadian). Orang tua dari salah satu penumpang United Flight 175 yang menghantam tower selatan, Lisa anne Frost (22), harus menunggu hampir setahun untuk mendapatkan kembali beberapa benda milik anaknya yang berhasil ditemukan.
  7. Para pekerja mengais dan memeriksa reruntuhan bangunan WTC untuk mencari sisa sisa para korban dan menemukan total 65000 benda, termasuk 437 jam tangan dan 144 cincin pernikahan.
  8. Tiga jam sebelum kejadian, sebuah mesin bernama “Random Event Generator” di Princeton University memprediksi bahwa akan ada kejadian menggemparkan dating sebentar lagi.
  9. Bangunan pentagon yang dihantam flight 77 baru saja mengalami renovasi yang bernilai 258juta USD, yaitu penguatan tembok dan jendela. Ini sebabnya bangunan di sebelah kanan dari titik hantam pesawat terlihat masih relative utuh daripada sisi kiri titik hantam.
  10. Topik pencarian teratas di google pada seminggu sekitar kejadian adalah “Nostradamus”, “CNN”, “The World Trade Center”, dan “osama Bin Laden”
  11. Novel yang sedang menyandang best seller di Amerika pada tahun 2001 adalah novel controversial yang diangap penodaan agama oleh sebagian orang, yaitu “antichrist Takes the Throne” karya Tim LaHaye dan Jerry Jenkins.
  12. Saat pemimpin komplotan pelaku pembajakan pesawat, Mohammed Atta, check in di Logan airport di Boston, system keamanan airport mencurigai dia dan menahan tas nya sehingga tas itu tidak pernah masuk ke dalam pesawat.
  13. Banyak monument dan karya seni yang dibuat dari baja reruntuhan WTC, termasuk sebuah monument salib di Shanksville, Philadelphia, dan monument “memory and light” di Padua, Italia.
  14. Pada sebuah operasi latihan yang bersandi “Vigilant Guardian”, NORAD (the North American Aerospace Defense Command) yang bertanggung jawab  untuk menjaga dan mempertahankan daerah udara amerika, menyelenggarakan setidaknya 4 kali simulasi pembajakan pesawat sejak seminggu sebelum kejadian, dan sudah menjadwalkan sati simulasi di hari menjelang kejadian 9/11
  15. Seorang pengusaha property Larry Silverstein mengikat kontrak sewa tempat di WTC selama 99 tahun sebesar 3,2 milyar USD, 6 bulan sebelum WTC hancur. Sekarang dia membangun kembali perkantoran komersial, komplek perbelanjaan, musem, dan monument di sekitar Ground Zero.
  16. Awal tahun ini, jumlah korban jiwa kejadian 9/11 telah bertambah 1 orang menjadi total 2.753 orang. Kantor kesehatan New York menyebutkan nahwa Jerry Borg, seorang akuntan, meninggal karena penyakit paru paru yang disebabkan oleh debu yang terhisap saat dia berada di tempat kejadian.
  17. 5 orang diantara para pembajak 9/11 menginap di motel tepat di luar pagar kantor NSA (National Security Agency) lembaga yang bertugas menjaga negara dari ancaman keamanan.
  18. Black box yang tersimpan di bagian ekor pesawat Flight 77 dilaporkan telah ditemukan di reruntuhan Pentagon pada tanggal 12 September 2001. Menteri Pertahanan waktu itu Rumsfield menyatakan bahwa data di black box tidak bisa direcover. Ini adalah kejadian pertama dalam kurun waktu 40 tahun, bahwa data di black box tidak bisa direcover.
  19. Sebuah mushalla dan inventaris perlengkapan shalat ikut hancur saat WTC runtuh.
  20. Seorang special agent FBI, John Patrick O’Neill, yang menyelidiki Al Qaeda dan serangan pertama pada WTC di tahun 1993, pension dari FBI dan bekerja sebagai kepala keamanan di WTC, yang akhirnya meninggal pada saat kejadian
  21. Para ilmuwan memanfaatkan waktu 3 hari larangan terbang di daerah udara Amerika untuk mengadakan eksperimen tentang efek lalu lintas pesawat jet pada atmosfer. Mereka menemukan bahwa sewaktu tidak ada satupun pesawat yang melintas, siang hari terasa sedikit lebih panas, dan malam hari terasa lebih dingin, menandakan bahwa gas buangan dari pesawat berperan seperti awan, memayungi bumi dari panasnya matahari pada siang hari dan menahan hawa hangat pada saat malam hari.

(disadur dari : www.telegraph.co.uk)

One thought on “21 Fakta Tragedi 11 September (9/11)”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda