Scroll to Top

World Wide Web Ulang Tahun ke-20, Situs Pertama di Dunia Online Kembali

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 01 May 2013

Web pertama

Kemarin, Selasa 30 April 2013 atau hari ini waktu AS, World Wide Web atau WWW genap berulang tahun ke-20. Dua dasawarsa yang lalu atau 30 April 1993, Lembaga Riset Nuklir Eropa (CERN) menyatakan teknologi tersebut tersedia untuk publik.

Teknologi web sendiri diciptakan oleh Tim Berners-Lee di CERN pada tahun 1989. Ia dijuluki sebagai ‘Bapak Web’ yang menciptakan teknologi tersebut sebagai sebuah metode untuk share informasi bagi para ahli fisika kala itu.

Tim Berners-Lee kemudian mengembangkan sebuah perangkat lunak menggunakan komputer NeXT dari Apple. Sebelum WWW ditemukan, berbagi informasi di internet menggunakan WAIS dan Gopher.

Nah untuk memeringati genap dua dasawarsa ulang tahun web, CERN menampilkan kembali laman website pertama mereka. Anda bisa mengunjunginya di alamat berikut dan memelajari proyek mereka kala itu di tautan ini.

Apa yang dibayangkan Tim Berners-Lee dan CERN 20 tahun yang lalu mungkin tidak sedahsyat sekarang. Saat ini internet bukan lagi media berbagi informasi seperti apa yang dibuatnya dua dasawarsa lalu. Internet telah menjalar di semua sendi-sendi kehidupan masyarakat.

CERN melestarikan aset-aset digital mereka sejatinya miliki tujuan tertentu selain sekadar untuk selebrasi 20 tahun usia web. CERN, sebut Dan Noyes, ingin mengembalikan ‘semua’ ke tempatnya semula.

Manajer CERN itu berharap agar para pengembang web atau siapapun itu apabila tertarik bisa membaca dokumentasi pertama yang dibidani oleh tim Wordl Web Wide kala itu. Sebuah dokumen yang langka dari situs web pertama di dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda