Scroll to Top

Nama-nama Bayi Berikut Dilarang Dipakai di Selandia Baru

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 01 May 2013

Nama Bayi

Para orangtua di Selandia Baru pantas hati-hati dan waspada tatkala memberi nama ke bayi mereka. Sebab nama-nama bayi berikut dilarang penggunaannya di negeri ‘The Hobbit’ tersebut. Lantas apa sesungguhnya yang jadi ujung perkaranya?

Setidaknya Departemen Dalam Negeri Selandia Baru merilis 77 daftar nama yang menurut pejabat setempat tidak diperkenankan digunakan sebagai nama. Beberapa nama tersebut antara lain ‘Lucifer’ (iblis), ‘Mafia No Fear’, ‘4real’, V8’ (mesin mobil), atau ‘Queen Victoria’ (Ratu Victoria).

Aturan ini juga melarang setiap nama yang menyiratkan seorang anak tersemat nama pangkat atau gelar macam ‘King’ (raja), ‘Duke’ (adipati), dan ‘Princess’ (pangeran). Nama-nama ini bahkan telah ditolak jauh-jauh hari di tahun 2001 lalu.

Para orangtua sendiri terkesan telah kehilangan inspirasi dalam memberikan nama anaknya. Ini terlihat di gaya pemberian nama yang sangat sederhana, merujuk pada ‘tingkat’ keturunan mereka. Seperti ‘2nd’, ‘3nd’, dan seterusnya.

Dalam beberapa tahun terakhir tidak sedikir orangtua di Selandia Baru yang memberi nama anak mereka ‘Justice’ (keadilan). Nama ini sangat populer namun ditolak oleh pemerintah meski telah diajukan sebanyak 62 kali. Nama ‘Justus’ dan ‘Juztice’ juga masuk dalam list terlarang.

Kasus unik terjadi pada tahun 2008 lalu. Pengadilan Selandia Baru mengadili sebuah nama pemberian anak yakni ‘Talula Does The hula From Hawaii’ (Talula Si Hula dari Hawaii). Bocah 8 tahun ini mendapat malu karena nama tersebut. Orangtua atas nama pengadilan harus mengubah nama anak mereka.

Rob Murfitt salah seorang hakim mengritik para orangtua yang seakan menyematkan nama pada anak-anaknya ala kadarnya. Bayangkan saja ada anak yang bernama ‘Number 16 Bus Shelter’ (halte bus nomor 16), ‘Midnight Chardonnay’ (merk anggur/minuman), atau anak kembar yang masing-masing bernama ‘Benson’ dan ‘Hedges’ (merk rokok Inggris).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda