Scroll to Top

8 Cara Mendongkrak Kekebalan Tubuh

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 01 May 2013

imun

Di musim hujan seperti saat ini, kekebalan tubuh memegang peranan penting dalam melindungi seseorang dari serangan penyakit. Beberapa penyebab penyakit sangat mudah untuk menginfeksi di saat kondisi tubuh lemah. Jangan biarkan hal itu terjadi dan kondisikan tubuh Anda untuk selalu kuat. Dikutip dari Times of India, ada 8 cara yang bisa Anda lakukan untuk mendongkrak kekebalan tubuh.:

  1. Makan ikan atau minyaknya. Minyak ikan maupun ikan secara utuh akan memberikan Anda kecukupan terhadap zat asam lemak omega-3. Lemak ini idak berbahaya dalam kadar cukup dan mampu memberikan peningkatan sistem kekebalan. Jangan lewatkan untuk menyantap minimal minyak ikan dalam menu harian Anda.
  2. Jauhi stres. Stres adalah cara alami untuk menurunkan kekebalan tubuh. Sel-sel yang seharusnya “bahan bakar” imunitas menjadi lemah. Lebih baik Anda segera mencari cara menyegarkan pikiran tatkala stres sedang melanda. Jalan-jalan, liburan, bermain game, atau mengerjakan hobi mungkin bisa menjadi salah satu pilihan.
  3. Cukupi kebutuhan untuk tidur. Orang yang suka begadang memiliki kekebalan tubuh yang lebih rendah dibanding mereka yang mau mencukupi waktu tidurnya. Kurang tidur dapat meningkatkan kadar protein yang terkait dengan peradangan. Dan, tidur memberikan kebaikan pada tubuh secara keseluruhan. Penuhilah waktu tidur Anda sekitar 7-8 jam per hari.
  4. Konsumsi makanan yang memicu kebaikan sisitem kekebalan tubuh. Ada banyak makanan yang bisa dipilih. Misalnya adalah anggur merah, apel merah, dan bawang merah. Konsumsi makanan tersebut secara rutin.
  5. Lakukan aktivitas fisik lebih sering.  Aktivitas fisik ini tidak melulu harus dengan berolahraga. Anda bisa mengerjakan tugas pekerjaan rumah seperti mencuci baju dan piring, menyapu, mengepel, dan sebagainya. Atau, Anda dapat melakukan pekerjaan lain yang menuntut keteribatan gerak tubuh Anda.
  6. Makanlah vitamin C. Sebisa mungkin temukan vitamin ini dari bahan-bahan alami. Misalnya paprika, berry, jeruk, dan sebagainya. Anda perlu 400 miligram vitamin C setiap hari untuk meningkatkan pertahanan tubuh melawan berbagai benda asing penyebab penyakit.
  7. Konsumsi vitamin D. Kekurangan vitamin D juga menurunkan sistem kekebalan tubuh. Selain mendapatkannya dari makanan — seperti sayur, daging, susu, dan sebagainya — vitamin D juga bisa pula didapatkan dengan berjemur dengan sinar matahari pagi.
  8. Penuhi asupan zat zinc (seng). Zat gizi ini meningkatkan kekebalan tubuh dan sekaligus mampu membunuh sel-sel kanker.  Anda memerlukan 12 miligram seng setiap hari dan jangan berlebihan. Sebab, kandungan seng lebih dari 15 miligram dapat mengganggu penyerapan mineral lain oleh tubuh. Seng bisa didapatkan dari kepitig, kerang, unggas, kacang-kacangan, kacang mete, dan yoghurt.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda