Scroll to Top

4 Cara Menikmati Waktu untuk Menyendiri

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 01 May 2013

me time

Ada sebagian orang yang sangat jarang menikmati waktu untuk menyendiri karena memiliki agenda pekerjaan yang adat setiap harinya. Atau, karena terlalu  penuh tuntutan untuk bersosialisasi, membuat seseorang lupa bahwa dirinya kadang perlu waktu untuk memanjakan diri. Dikutip dari Times of India, meluangkan waktu untuk aktivitas pribadi itu penting. Sebab, Anda lebih mudah untuk mengontrol stres dan mengembalikan kembali semangat hidup. Dan, ada empat saran yang bisa Anda pilih untuk menikmati waktu pribadi:

  1. Temukan waktu dan situasi yang orang lain tidak mengawasi Anda. Inilah saat-saat yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu yang ingin Anda habiskan sendiri. Anda bebas melakukan segala hal yang ingin dilakukan tanpa perlu orang lain mencampuri. Kadang, Anda harus menciptakan situasi ini secara terjadwal dengan tegas dan mengabaikan permintaan teman-teman Anda untuk bercengkerama dengan Anda.
  2. Ambil tempat duduk dan nikmati perilaku orang-orang di sekitar Anda. Jika Anda sebelumnya sangat aktif bersosialisasi, kini giliran Anda menjadi pasif untuk sejenak. Duduk sendiri dan mengamati orang lain itu menyenangkan. Anda bisa melihat hal yang berbeda yang dimiliki setiap orang. Apalagi jika ditambah dengan pesona alam yang indah, itu menjadikan kesendirian Anda semakin meyenangkan.
  3. Jadikan waktu luang untuk kegiatan produktif. Waktu luang tidak hanya bisa dipakai untuk bersantai. Sebaliknya, Anda bisa mengubahnya menjadi kegiatan produktif. Misalnya, Anda bisa menyalurkan hobi, melukis, meciptakan desain baju, dan sebagainya. Dengan begitu, waktu luang akan dipenuhi oleh kreativitas.
  4. Jauhkan gadget dari lingkungan Anda. Memanfaatkan waktu pribadi dengan cara natural mungkin akan menyenangkan. Anda tidak menyentuh sedikit pun produk kemajuan teknologi dan menjalani waktu ala orang tempo dulu. Anda bisa sejenak rileks dari berbagai masalah duniawi yang biasa datang disampaikan rekan Anda melalui pemakaian gadget.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda