Share

Borussia Dortmund vs Bayern Munchen di Final Liga Champion 2013

Borussia Dortmund dan Bayern Munchen akhirnya melangkah ke final Liga Champion 2013. Duo klub wakil Liga Jerman ini berhasil menyingkirkan Real Madrid dan Barcelona sekaligus seperti memberi tanda akan bergesernya kekuatan Eropa. Wembley, akan menjadi saksi pertarungan klasik Dortmund vs Bayern, dua musuh bebuyutan, pada Minggu, 26 Mei 2013 mendatang.

Borussia Dortmund. Dibandingkan dengan Bayern Munich, juara Bundesliga musim lalu ini memang tidak terlalu diunggulkan. Bukan tanpa alasan. Lihatlah apa yang dicapai oleh kumpulan pemain muda ini pada musim lalu. Menghuni grup yang ‘cuma’ terdiri dari Arsenal, Marseille, dan Olympiakos, anak asuh Juergen Klopp terdampar di peringkat terbawah dengan mengoleksi satu kemenangan dari enam laga.

Namun, dalam setahun segalanya berubah. Status Dortmund yang dulunya ‘pengumpul uang’ menjadi pemangsa klub terkenal. Kawah candradimuka mereka sangat ideal. Bergabung di grup neraka bersama Manchester City, Ajax Amsterdam, dan Real Madrid. Hasilnya: juara grup.

Menyingkirkan Shakhtar Donetsk, kemudian dengan heroik membekap Malaga, Dortmund menghadapi puncak ketika merusak Real Madrid 4-1 di Signal Iduna Park. Dengan Robert Lewandowski yang mencetak 10 gol, mimpi pasukan Juergen Klopp akan ditentukan ketika menghadapi rival abadi mereka, Bayern.

Bayern Munchen sendiri adalah tim spesialis Liga Champions. Mereka pernah menguasai kompetisi ini ketika Juup Heynckes masih bermain, dan kini sang pelatih bisa mengakhiri musim spektakulernya dengan tiga gelar sekaligus.

Munich memang sempat ditaklukkan oleh BATE Borisov 3-1. Mereka juga harus menahan napas ketika Arsenal menang 2-0 di Allianz Arena. Namun tak terbantahkan lagi, klub Bavaria ini memiliki segalanya untuk juara. Pemain terbaik, pelatih terbaik, konsep bermain brilian, fans  ekstra fanatik, dan keinginan menang khas Jerman yang tak pernah luntur. Seolah, cuma diri mereka sendiri yang akan menghancurkan ambisi Bayern menutup luka tahun 2010 kala ditekuk Internazionale.

Siapa yang menang? Anda sudah bisa merabanya pada akhir pekan ini. Mengingat, Borussia Dortmund akan berhadapan dengan Bayern Munchen di Liga Jerman pada Sabtu, 4 Mei 2013 mendatang.

P.S.: Apakah Mario Goetze akan tetap dimainkan di final Liga Champions?