Scroll to Top

Lionel Messi Adalah Candu Barcelona

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 02 May 2013

Barca vs Bayern 2

Lionel Messi tidak dimainkan dalam laga ketika Barcelona harus menelan kekalahan memalukan 0-3 dari Bayern Munchen (Agregat 0-7). Tito Vilanova dan Gerard Pique dari kubu Barca, serta Juup Heynckes dari kubu Bayern Munich, mengungkapkan bahwa seorang King Leo menjadi candu bagi klub Catalan: harapan sekaligus pusat ketergantungan mereka.

“Kami sedikit terkejut melihat (Lionel) Messi tidak bermain. Meskipun jelas bahwa kami tampil dalam skala luar biasa, harus diakui, berlaga melawan Barcelona dengan Messi adalah sesuatu, dan bertarung dengam mereka tanpa Messi adalah sesuatu yang sama sekali lain,” demikian yang disampaikan oleh Juup Heynckes seputar timpangnya skor akhir dalam laga pada Kamis, 2 Mei 2013.

Tito Vilanova sendiri, membenarkan bahwa membangkucadangkan King Leo adalah demi rencana jangka panjang. Si Nomor 10 Barca memang tidak mengalami cedera kambuhan lagi, tapi daripada terjadi masalah yang lebih serius, ia memutuskan untuk menyimpan Sang Messiah. Dan kala skor terus membesar, jelas sudah, ‘tidak baik’ menempatkan Messi di lapangan.

“Messi bermain di Bilbao karena ia mengaku sedikit lebih baik. Dia membawa perubahan bagi tim, tapi di ujung laga merasakan sakit yang aneh. Bukan cedera, tapi ia tidak nyaman. Messi berlatih kemarin dan hari ini (sebelum laga melawan Bayern). Tapi, dia masih merasa belum terlalu nyaman.”

“Messi adalah pemain yang sangat eksplosif (bergerak kian kemari dan senantisa berusaha ‘menghidupkan tim’ semaksimal mungkin). Selalu ada peluang baginya untuk mengalami masalah otot yang serius (jika menurunkannya). Maka, keputusan kami, tak berguna membahayakan Leo (dengan menampilkannya).”

Gerard Pique, rekan setim Messi, juga menandaskan, bahwa “dengan tidak bermainnya Messi, Barca bukanlah Barca yang sama”. Namun ia juga menegaskan, “Ketidakhadiran Leo tidak merusak spirit kami untuk memenangi laga.”

Barcelona sendiri kini hanya memiliki satu trofi yang bisa dibawa pulang: Liga Spanyol. Kemenangan atas Real Betis akan mendekatkan mereka pada gelar juara La Liga keempat dalam lima tahun terakhir. Namun, selama ketergantungan terhadap King Leo belum teratasi, perjuangan mereka di Eropa, akan terus bertambah, dan bertambah berat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda