Scroll to Top

Samsung Galaxy Tab 3: Grafis Lebih Cepat dari Galaxy Tab 2

By Ditya / Published on Thursday, 02 May 2013
Samsung Galaxy Tab 3
Samsung Galaxy Tab 3 7.0

Samsung secara resmi telah memperkenalkan tablet Galaxy Tab 3 sebagai penerus Galaxy Tab 2. Namun, tablet Galaxy Tab 3 ini dinilai memiliki spesifikasi yang sama dengan Galaxy Tab 2 dan tak ada peningkatan yang siginifikan. Meski demikian, ternyata grafis Galaxy Tab 3 lebih cepat dibandingkan dengan Galaxy Tab 2.

Banyak pihak yang kecewa dengan spesifikasi yang diusung oleh tablet Galaxy Tab 3 karena hampir tak ada bedanya dengan tablet Galaxy Tab 2 yang telah diluncurkan lebih dulu. Perbedaan antara keduanya adalah pada chipset dan grafis yang digunakan.

Samsung Galaxy Tab 3 ini ditenagai oleh chipset Marvell PXA968 yang mengusung prosesor ARM Cortex-A9 dual-core dengan kecepatan 1,2GHz yang dipadukan dengan grafis dari Vivante GC1000 dan memori RAM sebesar 1GB sebagai dapur pacu utama.

Sedangkan Galaxy Tab 2 menggunakan chipset dari Texas Instruments OMAP 4430 yang mengusung prosesor yang sama, yakni ARM Cortex-A9 dual-core dengan kecepatan 1,2GHz yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 1GB dan grafis dari PowerVR SGX540.

Galaxy Tab 3 grafis

Berdasarkan hasil pengukuran atau benchmark grafis yang beredar di internet, terlihat bahwa grafis Vivante GC1000 yang diusung Galaxy Tab 3 mampu mengungguli grafis PowerVR SGX540 yang diusung oleh Galaxy Tab 2. Meski demikian, hasil benchmark ini tidak serta merta akan terasa dalam penggunaan sehari-hari.

Seperti yang dilansir dari VR-Zone (01/05/2013), secara umum tak ada perbedaan spesifikasi tablet Galaxy Tab 3 dengan Galaxy Tab 2. Samsung membekali Galaxy Tab 3 dengan layar 7 inci dengan resolusi 1024x 600 piksel, kamera 3,15 megapiksel, slot microSD, dan baterai berkapasitas 4000mAh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda