Scroll to Top

Cara Mencegah Pembentukan Batu Ginjal

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 02 May 2013

minum air

Tanpa disadari, kehadiran batu ginjal dalam tubuh turut dipengaruhi oleh suhu dan kelembaban. Kasus batu ginjal banyak ditemui ketika musim panas tiba. Saat itu, suhu akan meningkat dan cairan tubuh ikut menguap. Jika dalam kondisi demikian tidak diikuti dengan cukup minum, maka bisa membuat masalah pada ginjal. Dan, penyakit batu ginjal kerap disebutkan sebagai efek dari kekurangan cairan tubuh.

Oleh karena itu, saat musim panas seseorang memerlukan asupan air lebih banyak dibanding saat hujan untuk melindungi ginjal. Jangan biarkan tubuh sampai dehidrasi. Dikutip dari Times of India, masih ada lagi yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kehadiran batu ginjal:

  1. Minum cukup air sepanjang hari dan pada malam hari sebelum tidur. Cara ini mmbuat tubuh selalu terhidrasi setiap waktu. Jika Anda menunda buang air kecil setiap beberapa jam dan kurang minum, Anda sebaiknya segera mengejar kekurangan  cairan yang diperlukan tubuh agar tidak menimbulkan masalah pada ginjal.
  2. Minumlah air lemon atau jeruk secara rutin untuk mengurangi risiko batu ginjal.
  3. Kurang mengonsumsi makanan atau minuman yang kaya asam oksalat untuk menghindari pembentukan batu ginjal. Contohnya adalah soda, es teh, cokelat, stroberi , dan kacang-kacangan.
  4. Kurangi minuman berkafein yang bisa membuat Anda dehidrasi.
  5. Jauhi pula asupan garam yang bisa menyerap kadar air dalam tubuh.
  6. Ada obat-obatan yang berfungsi untuk mencegah terbentuknya batu ginjal. Tanyakan pada dokter mengenai obat apa saja yang tepat untuk kondisi Anda. Biasanya obat tersebut dipakai untuk mengontrol jumlah asam, alkali, atau sistin dalam urin. Ketiga zat tersebut menjadi faktor pembentuk batu ginjal.
  7. Makanan yang mengandung purin tinggi juga mesti Anda hindari. Contohny adalah daging, telur, ikan, dan sebagainya. Apabila Anda berisiko memiliki penyakit asam urat, mengontrol zat purin wajib dilakukan.
  8. Konsumsi banyak sayuran untuk mempertahankan tubuh lebih dingin.
  9. Kontrol berat badan dan lakukan olahraga secara rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda