Scroll to Top

FB Mulai Tidak Diminati Lagi di Amerika

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 02 May 2013

Jempol Facebook

Menurut perusahaan riset pasar Nielsen, selama 12 bulan terakhir Facebook kehilangan 10 juta pengguna di AS dan alami pertumbuhan stagnan di Inggris. Apakah ini sebuah pertanda jika FB tidak diminati lagi di Amerika?

Angka Nielsen didapat dari data hilangnya 10 juta pengunjung unik Facebook dalam setahun terkahir. Dalam periode yang sama, di Inggris, jumlah pertumbuhan pengguna FB juga tidak bertambah. Angka yang sama juga terjadi pada kunjungan secara global.

Pada Maret 2012 lalu tercatat 153 juta kunjungan dari desktop, tablet, dan smartphone. Pada bulan Maret tahun ini angkanya terjun bebas hanya di 142 juta kunjungan. Sedangkan angka tertinggi pada bulan Agustus 2012 lalu yang mencapai 158 juta kunjungan.

Riset Nielsen ini muncul di saat yang hampir bersamaan dengan pengumuman Facebook soal jumlah pengguna mereka di kuartal pertama tahun ini. FB mencatat jika jumlah pengguna aktif mereka mencapai 1,11 miliar atau naik 23% dari tahun lalu.

Sedangkan untuk kunjungan mobile mencapai 751 juta atau naik 54%. Namun pertumbuhan ini berasal dari negara-negara berkembang yang menyumbang pendapatan iklan lebih rendah.

Beberapa waktu lalu Facebook sempat dikaitkan dengan kekhawatiran atas gencarnya gempuran aplikasi pesan instan. Tak ingin kehilangan pengguna, Facebook pun lakukan serangkaian inovasi terkait produk messenger-nya.

Salah satu inovasi tersebut adalah Chat Heads yang kini tak lagi eksklusif di Facebook Home. FB Messeger juga telah disuntikkan Stickers yang biasanya diketemukan di aplikasi pesan instan ‘made in Asia’ macam LINE, Kakao Talk, atau WeChat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda