Scroll to Top

Youtube Mainkan 6 Miliar Jam Video Tiap Bulan

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 02 May 2013

Youtube

Situs berbagi video Google semakin manasbihkan dirinya sebagai website video terpopuler di jagat raya. Setidaknya di setiap bulannya, Youtube memainkan 6 miliar jam video.

Belum lama ini Youtube sendiri telah mengumumkan tercipta pertumbuhan 1 miliar kunjungan bulanan di situsnya. Ini berarti Youtube telah menghubungkan 15% jumlah total penduduk planet ini ke situsnya untuk menonton video.

Dalam pada itu, angka 6 miliar jam tersebut menunjukkan sebuah peningkatan tajam hingga 50% jika dibandingkan data statistik tahun lalu. Pada bulan Januari lalu pula Youtube sendiri telah menginjak rekor 4 miliar jam per bulan.

Apabila dirata-rata, maka setiap manusia di muka bumi menyaksikan video di Youtube hampr 1 jam tiap bulannya. Youtube pula telah bertransformasi dari layanan video rumahan jadi ladang bisnis iklan maupun konten perusahaan top dunia.

Lewat laman blog-nya, Youtube juga menyoroti bagaimana perusahaan media ternama seperti Time Warner, The Chernin Group, Bertelsman, Discovery Communications, dan Comcast have yang telah membuat investasi penting dan signifikan dalam 12 bulan terakhir.

Selain perusahaan top di atas masih ada DreamWork Animation. Lewat perusahaan yang diakuisisinya, AwesomeessTV, juga akan berfokus ke konten di Youtube. Sementara itu menurut perusahaan riset pasar Nielsen, pemirsa Youtube rata-rata di AS berusia 18-34 tahun.

Yotube sendiri memberi dampak luar biasa pada budaya internet. Tengok saja apa yang terjadi dengan Gangnam Style, Harlem Shake, atau yang terbaru Demi Tuhan Arya Wiguna (parodi).

Youtube pula telah mengubah figur dari bukan siapa-siapa jadi dibicarakan siapa-siapa. Briptu Norman dan Sinta Jojo merasakan sendiri dahsyatnya efek Youtube. Dengan rekor yang semakin melejit ini, tak hanya dari sektor bisnis, bisa dipastikan Youtube semakin mengubah ekosistem internet dunia khususnya di konten video.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda