Scroll to Top

Mengepalkan Tangan Meningkatkan Kemampuan Mengingat

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 02 May 2013

kepalan tangan

Mengepal-ngepalkan tangan bukan aktivitas yang tanpa manfaat. Menurut studi yang dilakukan peneliti dari Montclair State University, aktivitas tersebut dalam membantu meningkatkan kemampuan mengingat. Tangan kanan yang sering dikepalkan akan membantu membentuk sebuah ingatan di otak. Sementara jika tangan kiri yang dikepalkan, dapat merangsang pemanggilan ingatan yang telah lalu. Demikian menurut informasi yang dikutip dari She Knows.

Dalam studi ini, peneliti melibatkan sejumlah relawan. Mereka membagi peserta menjadi lima kelompok. Mereka diberikan tugas untuk menghafal dan mengingat 72 kata.

Masing-masing kelompok diminta untuk berbuat yang berbeda selama menghafal kata. Satu kelompok diminta menghafal sambil mengepalkan tangan selama 90 detik sebelum menghafal, kemudian mengepalkan tangan lagi ketika selesai melafalkan ingatan. Kelompok kedua melakukan hal yang sama namun dengan tangan kiri.

Sementara kelompok ketiga, mereka menghafal tanpa mengepalkan tangan sama sekali. Kelompok keempat mengepalkan tangan tangan kiri sebelum menghafal, dan mengepalkan tangan kanan sebelum melafalkan. Terakhir, kelompok kelima mengepalkan tangan kanan sebelum melafalkan hafalan dan mengepalkan tangan kiri ketika mengingat kata.

Hasilnya, kelompok kelima yang memiliki hasil maksimal dalam mengingat dan memanggil kembali ingatan tersebut. Menurut peneliti, mengepalkan tangan kemungkinan mengaktifkan daerah otak tertentu yang merangsang peningkatan kemampuan mengingat.

Studi ini diterbitkan dalam jurnal PLoS ONE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda